Cara Mempercepat WordpressOptimasi WordpressWordpress

Cara Mempercepat Website WordPress Dengan Plugin Speed Booster Pack

Cara Mempercepat Website WordPress Dengan Plugin Speed Booster Pack – Assalammualaikum sob, Oke kembali lagi dengan novri.web.id. Setelah beberapa waktu lalu kita membahas mengenai Cara Mempercepat Website Menggunakan Plugin W3 Total Cache, Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mempercepat website wordpress menggunakan plugin Speed Booster Pack.

Sebelumnya sudah pada tahu belum dengan Plugin Speed Booster Pack ?.
Belum tahu ya !!!. Speed Booster Pack merupakan salah satu plugin yang biasa digunakan para blogger wordpress untuk meningkatkan kecepatan website.

Plugin Speed Booster Pack ini gratis kok. Namun demikian, menurut pengalaman saya. Plugin ini lumayan powerfull untuk meningkatkan kecepatan wordpress sobat. Untuk konfigurasinya juga sangat mudah dan user friendly, karena hanya perlu melakukan centang beberapa item saja.

Pastikan melakukan backup terlebih dahulu sebelum mencoba plugin ini. Sebab dari pengalaman sebelumnya, ada beberapa tema yang tidak support dan menyebabkan website menjadi tidak bekerja dengan baik. Bisa backup melalui cpanel maupun plugin UpdraftPlus.

Baca >  Cara Backup Wordpress Menggunakan Plugin UpdraftPlus

Sebelum sobat menggunakan plugin ini, sebaiknya melakukan pengecekan speed website sebelum dilakukan optimasi maupun sesudah optimasi. Silakan sobat cek terlebih dahulu menggunakan salah satu atau lebih dari 3 tools cek kecepatan website berikut : GTmetrix, Google Page Speed, Tools Pingdoom.

Install Plugin Speed Booster Pack

Pertama, silakan sobat login ke Dashboar Wordpress terlebih dahulu melalui namadomain.com/wp-admin atau namadomain.com/wp-login.php. Kemudian isikan Username dan Password WordPress sobat. Kemudian Klik Login.
Cara Mempercepat Website WordPress Dengan Plugin W3TotalCache

Setelah sobat masuk ke dalam Dasboard Wordpress. Selanjutnya sorot menu plugins disebelah kiri dan pilih Add New.

Cara Mempercepat Website WordPress Dengan Plugin W3TotalCache

Pada kolom kanan atas silakan cari plugin “Speed Booster Pack. Dan Klik Install Now  kemudian Aktifkan.

Cara Mempercepat WordPress Dengan Speed Booster Pack
Cara Mempercepat WordPress Dengan Speed Booster Pack

Untuk Install saat ini sudah selesai. Sobat akan menemukan menu baru di sidebar sebelah kiri Dashboard wordpress sobat. Nama dari menu tersebut adalah “Speed Booster

Cara Mempercepat Website WordPress Dengan Plugin Speed Booster Pack

 

Konfigurasi Plugin Speed Booster Pack

Selanjutnya kita melakukan setup plugin Speed Booster Pack agar website sobat dapat berlari sekencang mungkin. Oh iya, sebelum mencoba menggunakan plugin Speed Booster Pack ini, Saya sangat menyarankan agar sobat melakukan backup terlebih dahulu.
Karena dari pengalaman mimin sebelumnya, ada beberapa tema yang tidak support dengan plugin ini. Dan mengakibatkan beberapa fitur dan script website tidak bekerja dengan baik. Namun yang paling sering adalah crash dengan plugin yang sobat gunakan saat ini.
Jika hal tersebut terjadi, maka sobat dapat menonaktifkan plugin atau menonaktifkan beberapa konfigurasi dari Speed Booster Pack. Mimin sendiri pernah mengalaminya pada plugin yang menggunakan javascript. Karena si plugin tidak support bila java script di compress, sehingga menyebabkan plugin tersebut tidak dapat bekerja. Namun ketika di nonaktifkan pada fitur javascript, plugin dapat bekerja kembali.
Catatan :  yang harus sobat lakukan agar optimasi website dapat sukses adalah dengan melakukan percobaan atau experiment dengan berbagai tools.

Oh iya satu lagi sob, bila nantinya website benar-benar error karena plugin dan tidak dapat login sama sekali. Sobat tak perlu khawatir, semua itu dapat diatasi dengan mudah.

Baca >> Cara Memperbaiki Wordpress Error Dan Tidak Dapat Login Karena Plugin

Baik kembali ke materi lagi. Setelah sobat berhasil melakukan install dan masuk ke konfigurasi speed booster. Silakan Centang Beberapa fitur berikut :

General

  •  
  • Removes extra Font Awesome styles

More settings

Need even more speed?

Berikut untuk screenshot konfigurasi pada Menu General :

Cara menggunakan plugin speed booster pack

 

Setelah dicentang, maka silakang langsung klik “Save Changes
Selanjutnya ke menu “Image Optimization“, pada menu tersebut silakan sobat atur compress gambar sesuai dengan kebutuhan. Semakin tinggi nilainya, maka compress gambar akan semakin kecil.

Biasanya mimin melakukan compress gambar hingga 90%, agar gambar dapat lebih cepat di load dan website menjadi lebih cepat. Namun Ada juga tema yang tidak support bila compress gambar menjadi sangat kecil sekali, biasanya gambar tidak akan muncul. Jadi intinya disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Mempercepat Website WordPress Dengan Plugin Speed Booster Pack

Baik sob, saat ini Panduan mempercepat website wordpress menggunakan plugin Speed Booster Pack telah selesai. Silakan sobat cek kembali speed website sobat menggunakan tools sebelumnya.

Namun bila sobat saat ini menggunakan cloudflare, maka biasanya harus menunggu hingga cloudflare menyimpan cache website yang baru.

Baca >> Cara Menggunakan Cloudflare Di Wordpress Agar Lebih Cepat

Demikian panduan konfigurasi plugin speed booster pack yang dapat Novri Web sampaikan. Silakan sobat berikan tanggapan dengan comment dibawah bila memiliki panduan untuk membercepat website wordpress yang lebih powerfull.

Jangan lupa untuk share dan bagikan kepada temen-temen sobat bila Artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close