CpanelHosting

Cara Mengaktifkan Option Memcache dan Memcache Di Cpanel

Cara Mengaktifkan Option Memcache dan Memcache Di Cpanel – Apakah sobat sudah pada mengetahui apa sih fungsinya dari Memcache (Memory Object Caching System) ?. Jika belum tahu, mimin akan memberi tahu fungsi utama dari Memcache ini. Sebelum itu, berikut pengertian dari memcache yang telah mimin kutip dari Wikipedia :

Memcached (pengucapan: mem-cash-dee, mem-cashed) adalah sistem cache memori dengan tujuan umum. Hal ini sering digunakan untuk mempercepat situs web database-driven dinamis dengan cache data dan objek dalam RAM untuk mengurangi jumlah sumber data eksternal (seperti database atau API) harus dibaca. Memcached adalah perangkat lunak bebas dan sumber terbuka, dilisensikan di bawah lisensi BSD Revisi. [2] Memcached berjalan pada sistem operasi mirip Unix (setidaknya Linux dan OS X) dan pada Microsoft Windows. Itu tergantung pada perpustakaan libevent.

Nah, berikut manfaat dari memcache bagi website sobat :

  1. Dapat mempercepat aplikasi website dinamis (dengan database)
  2. Meringankan beban saat aplikasi web load database
  3. Dapat meningkatkan banyak pengunjung

Cara Mengaktifkan Option Memcache dan Memcache

Pertama silakan sobat login ke akun cpanel web hosting. Untuk login cpanel dapat dengan akses namadomain.com/cpanel atau IP Hosting:2083 (contoh : 192.88.90.241:2083). Pada tahap login cpanel sobat pasti sudah paham ya ?.

Jika sobat terkendala login cpanel, sebaiknya langsung menghubungi pihak layanan web hosting sobat. Kurang lebih seperti berikut ini untuk untuk akses ke cpanel :

Cara login cpanel

Setelah berhasil login ke cpanel hosing, selanjutnya silakan sobat ketika pada form pencarian “PHP” kemudian pilih “Select PHP Version“.

Silakan cobat centang Opcache dan Memcache untuk mengaktifkan fitur tersebut. Berikut untuk detailnya :

Cara Mengaktifkan Option Memcache dan Memcache Di Cpanel

Setelah sobat centang Opcache dan Memcache jangan lupa untuk klik “Save

Sangat mudah sekali kan sob. Bagi sobat yang menggunakan plugin W3 Total Cache dan ingin mengaktifkan fitur Memcache.  Maka harus mengaktifkannya terlebih dahulu di cpanel atau panel jenis lain seperti panduan ini.

Baca >> Cara Mempercepat Website WordPress Dengan Plugin W3TotalCache

Demikianlah pembahasan kita mengenai Cara Mengaktifkan Option Memcache dan Memcache Di Cpanel, Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share ke teman-teman sobat dan comment bila sobat memiliki cara lainnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close