CpanelHosting

Cara Backup Database Melalui PHPMyadmin Hosting

Cara Backup Database Melalui PHPMyadmin – Banyak sekali cara untuk melakukan Backup Database, diantaranya melalui SSH, Panel Hosting atau VPS atau Server, Phpmyadmin, maupun aplikasi pihak ketiga. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Cara export atau backup langsung melalui phpmyadmin hosting.

Ada yang tahu apa tujuan dari backup database ?

Baik, tujuan utama dari backup adalah untuk mengantisipasi bila terjadi kerusakan atau kehilangan database. Dengan adanya backup, maka kita akan dengan mudah untuk mengembalikan database seperti semula.

Baca > Cara Restore Database Di PHPMyadmin

Karena tidak dapat menjadi jaminan bahwa website kita akan aman selamanya dari ancaman malware, virus, hacker yang dapat merusak website. Selain itu juga kerusakan server yang menyebabkan database dan file website hilang. Nah, itulah fungsi dari backup.

Apakah backup harus dilakukan setiap saat ?

Jika website sobat selalu update setiap hari, maka backup setiap setiap hari sangat dianjurkan. Namun secara normal backup dapat dilakukan seminggu sekali. Jadi pastikan sobat memiliki backup database maupun file website, agar jika terjadi kerusakan dapat dengan mudah di restore.

Baca >> Cara Backup File Website Di Cpanel

Baik, langsung saja kita mencoba melakukan backup database dengan mengikuti Tutorial Backup Database Melalui PHPMyadmin Ini :

Panduan Backup Database Di PHPMyadmin

Pertama silakan sobat login ke akun cpanel web hosting. Untuk login cpanel dapat dengan akses namadomain.com/cpanel atau IP Hosting:2083 (contoh : 192.88.90.241:2083). Pada tahap login cpanel sobat pasti sudah paham ya ?.

Jika sobat terkendala login cpanel, sebaiknya langsung menghubungi pihak layanan web hosting sobat. Kurang lebih seperti berikut ini untuk untuk akses ke cpanel :

Cara login cpanel

Selanjutnya silakan ketikan di kotak pencarian cpanel atau panel lain “PHPMyadmin“. Jika sobat menggunakan cpanel, kurang lebih seperti berikut :

Jika sudah menemukan menu PHPMyadmin silakan di klik dan akan diarahkan ke halaman baru (halaman phpmyadmin).

 

Selanjutnya silakan klik “Nama Database” yang ada di sebelah kiri. Dan akan muncul tabel atau isi dari database tersebut.
Untuk melakukan backup, silakan klik menu “Export” dibagian atas.
Setelah sobat klik menu export, maka otomatis backup database akan bekerja dengan cara di download. Dan untuk format file database tersebut adalah .sql.
Silakan sobat simpan file backup SQL tersebut, karena nantinya jika terjadi kerusakan, file sql tersebut yang akan dilakukan restore. Untuk backup melalui phpmyadmin ini sama dengan backup database di xampp.

Baik sobat, itulah Panduan Backup Database Melalui PHPMyadmin Hosting. Jika sobat memiliki pengalaman yang lebih menarik dalam menyelesaikan backup database. Silakan komen dibawah ya !!!.

Oh iya sob, jangan lupa untuk di share artikel ini kepada teman sobat ya. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close