Error WordpressHostingWordpress

Cara Memperbaiki Wordpress Error Dan Tidak Dapat Login

Cara Memperbaiki Wordpress Error Dan Tidak Dapat Login – Pernahkan sobat mengalami website error serta tidak dapat login ?. Padahal sudah melakukan pengecekan dengan memunculkan script error namun tidak kunjung juga menemukan penyebab error.

Sebenarnya banyak sekali penyebab error pada website, baik wordpress maupun menggunakan platform lainnya. Cara paling mudah untuk menemukan error adalah dengan memunculkan debug error melalui panel hosting maupun script, jika permasalahan tersebut disebabkan oleh script.

Baca Juga :

Namun ketika sobat sudah menampilkan debug error melalui hosting tak kunjung menemukan error yang muncul, lalu apa yang harus dilakukan ?. Baik, jika sobat saat ini menggunakan wordpress, maka bisa mengikuti panduan berikut ini.

Dari pengalaman yang pernah saya alami, error wordpress tidak dapat login dapat terjadi karena terdapat script tema atau plugin atau script core wordpress error atau database Error. Secara umum ketika sobat mengaktifkan debug error, otomatis error akan muncul jika menurut sistem mengganggu kinerja website.

Namun ketika terjadi error dan sistem menganggap script dapat dijalankan dengan baik, otomatis tidak akan menampilkan error sama sekali. Nah, kali ini kita akan mencoba mengatasi permasalahan website error namun error tidak muncul karena tema error dan website error namun error tidak muncul karena database error.

Website Error Namun Error Tidak Muncul Karena Tema Error

Pertama silakan sobat login ke akun cpanel web hosting. Untuk login cpanel dapat dengan akses namadomain.com/cpanel atau IP Hosting:2083 (contoh : 192.88.90.241:2083). Pada tahap login cpanel sobat pasti sudah paham ya ?.

Jika sobat terkendala login cpanel, sebaiknya langsung menghubungi pihak layanan web hosting sobat. Kurang lebih seperti berikut ini untuk untuk akses ke cpanel :

Cara login cpanel

Setelah berhasil login ke cpanel hosing, selanjutnya silakan sobat ketikan pada form pencarian “File Manager” kemudian pilih atau di klik, otomatis akan diarahkan ke halaman baru.

Cara Memperbaiki Wordpress Error Dan Tidak Dapat Login
Cara Memperbaiki Wordpress Error Dan Tidak Dapat Login


Untuk halaman file manager seperti gambar diatas. Silakan sobat masuk ke folder website sobat untuk mengetahui nama database dan theme yang tersedia. Oh iya, jika sebagai domain utama hosting (nama hosting) secara umum peletakan file website berada di folder Public_Html (tergantung layanan hosting juga). Namun jika sebagai addon domain (domain tambahan), biasanya nama folder akan sesuai dengan nama domain (Jika saat addon tidak dilakukan perubahan nama folder).

Pada contoh ini domain sebagai nama utama hosting dan file website berada di folder Public_Html. Jika sobat sudah berada di folder website, maka kita akan mengetahui theme yang tersedia dan nama database website agar mudah untuk melakukan update theme. 

# Cara Mengetahui Nama Database Website Wordpress

Pertama silakan sobat “klik kanan dan edit script WP_CONFIG.PHP”.

 

Silakan sobat edit, maka akan muncul script dengan terdapat informasi Nama Database, User dan Password. Dan untuk nama database diindikasi dengan nama DB_NAME“.

Setelah mengetahui nama databasenya, silakan sobat simpan terlebih dahulu di note. Karena nantinya akan kita gunakan untuk mengganti tema wordpress yang error 

# Cara Mengetahui Tema Website Wordpress Yang Tersedia (Sudah di Upload)

Masih di dalam folder website wordpress, Silakan masuk ke folder “WP-CONTENT” > Masuk lagi ke folder “THEMES” > Sobat akan menemukan nama tema yang tersedia (sudah di install) di wordpress. Silakan di copy nama tema yang ingin digunakan sementara untuk mengganti tema yang error.

Nah, pertanyaannya adalah Bagaimana jika hanya terdapat satu tema saja. TENANG, sobat bisa menambahkan sendiri dengan upload ke folder “THEMES” dan melakukan extract.

Baca >> Cara Install atau Upload Tema Wordpress Manual Di Cpanel

Pastikan soba melakukan menyimpan nama tema sesuai dengan yang ada di folder THEMES. Karena nama tema akan kita inputkan pada database. Jika berbeda akan mengakibatkan error juga.

 

Baik, saat ini sobat sudah mengetahui nama database dan nama tema lain yang ada di website wordpress sobat.

Selanjutnya silakan sobat kembali lagi ke “CPANEL” dan cari “PHPMYADMIN“. Setelah menemukan, langsung saja klik menu PHPMYADMIN tersebut.

 

Silakan klik nama database sobat tadi untuk masuk ke bagian tabel-tabel database website. Setelah itu silakan cari dan klik “Options“, awalan akan berbeda setiap website.

Setelah sobat klik, maka akan tampil ini dari tabel tersebut. Silakan cari nama tema pada row template dan stylesheet. Dan sobat langsung ganti dengan nama tema yang tadi telah kita simpan.


Cara Gantinya sangat mudah, cukup klik kolom nama tema (Option_Value) sebelumnya dan ubah. Untuk menyimpan klik sembarangan kolom saja.

Setelah selesai mengganti template dan stylesheet dengan nama tema baru. Sekarang cek kembali website sobat. Jika permasalahan tersebut adalah karena tema, maka website akan dapat bekerja dengan baik kembali bila tema baru yang digunakan tidak error.

Namun jika masih error, maka kemungkinan hal tersebut terjadi karena kerusakan database yang disebabkan plugin, malware atau yang lainnya.

Website Error Namun Error Tidak Muncul Karena Database Error

Saat sobat sudah mencoba melakukan pergantian tema namun belum juga dapat diakses, kemungkinan yang terjadi adalah database sobat error. Terkait dengan database error dapat diatasi dengan melakukan restore backup database yang ada di cpanel atau restore database yang telah sobat backup di PC lokal.

Baca > Cara Backup Dan Restore Database Di Cpanel

Baik sobat, itulah Panduan Cara Memperbaiki Wordpress Error Dan Tidak Dapat Login. Jika sobat memiliki pengalaman yang lebih menarik dalam menyelesaikan masalah tersebut. Silakan komen dibawah ya. Agar teman yang lain dapat mengetahui untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

Oh iya sob, jangan lupa untuk di share artikel ini kepada teman sobat ya. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close