CloudflareWebsite

Cara Optimasi Website Dengan Cloudflare

Cara Optimasi Website Dengan Cloudflare – Optimasi website merupakan hal yang utama untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Dengan website yang cepat, tentu pengunjung akan semakin betah berada di website sobat.

Namun apa jadinya jika website sobat sangat lambat. Tentu akan banyak pengunjung meninggalkan website dan memilih website lain yang lebih cepat. Dan dengan begitu akan berdampak pada SEO website sobat.

Khusus untuk sobat yang saat ini menggunakan wordpress, silakan membaca panduan optimasi website wordpress. Namun jika selain menggunakan wordpress, maka bisa mencoba dengan menggunakan cloudflare atau optimasi pada script website dan file.

Baca >> Cara Konfigurasi Cloudflare

Jadi banyak sekali keuntungan bila menggunakan cloudflare. Apalagi bila menggunakan cloudflare premium, tentu saja fasilitas yang didapatkan lebih banyak. Silakan langsung saja sobat mengikuti Panduan Optimasi Website Dengan Cloudflare berikut :

Konfigurasi SSL Cloudflare

Pada panduan yang pertama ini, kita akan cara mendapatkan maupun konfigurasi SSL di cloudflare. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa cloudflare menyediakan SSL gratis meskipun menggunakan layanan cloudflare versi gratis.

#1 Pertama silakan login ke dashboard cloudflare cloudflare.com

Cara Optimasi Website Dengan Cloudflare

#2 Selanjutnya pilih menu “Crypto” untuk mengaktifkan SSL cloudflare. Silakan pilih Full atau Flexibel untuk mengaktifkan SSL. Jika memiliki sertifikat SSl dan di install di dalam hosting, maka silakan pilih “Full“. Namun jika menggunakan SSL langsung dari cloudflare tanpa install sertifikat di hosting, maka silakan pilih “Flexibel“.

Cara Optimasi Website Dengan Cloudflare

#3 Jika ingin mendapatkan sertifikat SSL cloudflare, maka silakan scrool ke bawah dan klik “Create Certificate“. Kemudian pilih masa aktif sertifikat, klik “Next“. Selanjutnya pilih service hosting sobat “Nginx, Apache atau lainnya“. Jika hosting biasanya menggunakan “Apache“, namun bisa di tanyakan kembali di layanan hosting sobat. Dan klik “Next” untuk mendapatkan sertifikat.

 

#4 Silakan disimpan Certificate (CRT) maupun Private Key (KEY), sedangkan untuk CA Bundel bisa sobat ambil dari link berikut CA Cloudflare.
Jika sudah mendapatkan sertifikatnya, maka langsung melakukan install saja di hosting. Dan ingat ! untuk bagian SSL diatas gunakan “FULL“.

Baca >> Cara Menggunakan SSL Cloudflare

Jika sobat masih bingung cara install SSL di hosting, silakan mengikuti panduan diatas atau langsung meminta panduan pada layanan hosting yang sobat gunakan.

Konfigurasi Speed Cloudflare

Fungsi dari halaman ini adalah untuk membuat kecepatan website sobat semakin meningkat. Salah satu caranya adalah dengan membuat halaman statis. Yang mana data-data wordpress sobat akan disimpan dalam bentuk statis, sehingga ketika ada pengunjung yang datang tidak harus load halaman dari awal.

#1 Silakan klik menu “Speed” kemudian centang bagian “CSS, HTML, Javascript“.

Cara Optimasi Website Dengan Cloudflare

Jika sobat ingin menggunakan AMP, maka bisa mengaktifkannya dibagian bawah. AMP adalah fitur untuk mempercepat website berbasis mobile. Namun kita tidak akan membahasnya pada artikel ini.

Karena kita hanya menggunaka Cloudflare gratis, maka cukup bagian diatas saja yang dilakukan perubahan. Sedangkn untuk bagian yang lain biarkan default saja.

Demikianlah Tutorial Optimasi Website Dengan Cloudflare, semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat. Jangan lupa untuk di share artikel ini kepada teman sobat. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close