CloudflareHostingWebsite

Kelebihan Dan Kekurangan Website Menggunakan Cloudflare

Kelebihan Dan Kekurangan Website Menggunakan Cloudflare – Cloudflare merupana salah satu CDN (Content Delivery Network) yang sangat populer. Fungsi utama dari cloudflare sendiri adalah sebagai bypass pengunjung website sebelum mendapatkan konten website yang diinginkan.

Selain itu, cloudflare akan membantu mengamankan website sobat dari serangan hacker, spammer dan lain sebagainya. Karena jika ada user yang mengakses website, mereka tidak akan langsung mengenali IP hosting atau website sobat. Melainkan yang akan muncul adalah IP cloudflare.

Selain untuk mencegah dari serangan hacker, cloudflare juga dapat mempercepat website sobat. Nantinya cloudflare akan membuat sebuah halaman statis yang mana mempercepat akses website karena content tidak selalu harus diambil dari server secara langsung.

Bagi sobat yang saat ini masih bingung Cara menghubungkan Website Dengan Cloudflare. Silakan baca panduannya pada link berikut > Konfigurasi Cloudflare.

Baca >> Cara Optimasi Website Dengan Cloudflare

Baik, langsung kita bahas saja keuntungan maupun kerugian yang akan sobat dapatkan ketika website menggunakan cloudflare.

Kelebihan Cloudflare

Kita akan mulai membahas kelebihan website jika menggunakan cloudflare. Karena cukup beruntung bila saat ini website sobat sudah menggunakan layanan CDN seperti cloudflare.

#1 IP Hosting Disembunyikan Cloudflare

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, bahwa cloudflare dapat menjaga website dari serangan hacker. Fitur inilah yang akan menjaga website sobat dari serangan hacker. Dengan adanya fitur untuk menyembunyikan IP, maka hacker akan lebih sulit untuk melakukan serangan.

Karena pada umumnya hacker akan lebih mudah untuk melakukan serangan jika mengetahui IP utama hosting sobat. Selain itu, hacker juga tidak akan mengetahui dimana lokasi server maupun layanan hosting berada. 

#2 Propagasi DNS Lebih Cepat

Dalam hal propagasi DNS, cloudflare tidak perlu diragukan lagi. Hanya butuh beberapa menit saja untuk dapat membaca konfigurasi DNS yang telah dibuat di cloudflare.

Sehingga bila sobat ingin lebih cepat ketika baru mengganti DNS domain, sebaiknya pengaturan DNS hosting diarahkan terlebih dahulu ke cloudflare kemudian domain menggunakan nameserver dari cloudflare.

#3 Website Lebih Cepat Diakses

Ketika sobat sudah menggunakan cloudflare, maka kecepatan website sobat akan lebih meningkat. Meskipun tidak terlalu signifikan bila hanya menggunakan fitur cloudflare Gratis.

Hal tersebut dapat terjadi karena cloudflare memiliki fitur caching yang nantinya akan menampilkan website dinamis menjadi statis. Data-data dari server hosting akan tersimpan didalam cache. Sehingga ketika ada pengunjung, tidak perlu lagi mengambil semua data langsung dari server.

Dan dengan adanya cache cloudflare ini, website akan tetap dapat di akses meskipun server hosting sobat dalam keadaan down. Namun data yang ditampilkan tersebut merupakan data sudah yang tersimpan dalam cache cloudflare.

#4 Hemat Bandwith

Selain kecepatan website semakin meningkat. Dengan adanya fitur caching tersebut akan menghemat bandwith hosting sobat. Karena setiap pengunjung yang datang tidak harus selalu request data dari server hosting.

Namun perlu diketahui juga, tidak semua website harus menggunakan caching. Contoh saja bila website sobat harus real time, maka sebaiknya tidak mengaktifkan fitur caching ini. Namun ada juga konfigurasi bagian tertentu untuk dilakukan caching.

#5 Melindungi dari DDOS Attack

Selain hack dan malware, yang sering di khawatirkan oleh pemilik website adalah serangan DDOS Attack. Yaitu serangan dengan mengirimkan permintaan paket dalam jumlah yang sangat besar ke hosting. Bila terkena serangan ini, bandwith hosting akan cepat habis dan website pun down.

Karena adanya fitur DDOS Attack di cloudflare, maka cloudflare akan menjaga website sobat dari serangan ini. Nantinya fitur DDOS Attack akan otomatis aktif ketika terdapat permintaan yang sangat mencurigakan tersebut.

#6 Blokir Akses IP

Dengan fitur ini, akan memungkinkan untuk melakukan block pengunjung dari berbagai negara. Misal saja website sobat tidak ingin ada pengunjung yang dari USA, maka main IP dari negara terebut bisa dilakukan block.

#7 Gratis SSL (HTTPS)

Bila menggunakan cloudflare, sobat bisa mendapatkan SSL gratis. Karena dengan menggunakan SSL, SEO website akan semakin baik. Hal tersebut sesuai dengan yang telah disampaikan oleh google. Salah satu penilaian rangking website adalah menggunakan SSL.

Kekurangan Cloudflare

Lalu apakah kekurangannya jika website sobat menggunakan cloudflare ?.

#1 Website Down Meski Hosting UP

Salah satu kelemahan dari cloudflare ialah membuat website menjadi down. Loh, maksudnya bagaimana ?. Bukankah tadi diatas dijelaskan bahwa meskipun server hosting down, maka website akan tetap dapat diakses ?.
Baik, jadi begini sob. Karena hosting website tersebut terhubung dengan cloudflare, sehingga cache dan yang lainnya juga di simpan di dalam cloudflare. Selain itu pengolahan DNS hosting juga melalui cloudflare.
Maka yang terjadi website menjadi down jika server cloudflare down. Meskipun server hosting asli website sebenarnya sedang UP (tidak terjadi down). Namun saya sendiri belum pernah mengalami server cloudflare down saat melakukan pengecekan website setiap harinya.

#2 Kesalahan Blokir atau Proteksi

Karena cloudflare menggunakan blokir DDOS attack dengan pintar, sehingga terkadang terjadi kesalahan blokir. Termasuk kesalahan blokir pada robot search engine (mesin pencari). Jika hal tersebut terjadi, maka indexing konten akan menjadi lebih lama atau bahkan tidak akan terindex jika diblokir terus menerus.

Selain itu, cloudflare akan menampilkan kode captcha yang membuat pengunjung harus memasukan captcha setiap kali akan mengunjungi website. Jika perihal ini saya sendiri pernah mengalami, namun tidak sering terjadi. Jadi saran saya hati-hati saat menggunakan stop ddos attack cloudflare.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan jika menggunakan cloudflare. Patut di ingat juga, jika sobat menggunakan cloudflare sebagai transaksi online. Sebaiknya menggunakan cloudflare yang versi berbayar, agar fitur lebih baik dan stabil.

Baca >> Cara Menggunakan Cloudflare Dengan Mudah

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu sobat. Jangan lupa untuk di share artikel ini kepada teman sobat. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close