DatabaseHostingOptimasi database

Cara Optimasi Database Melalui PHPMyadmin

Cara Optimasi Database Melalui PHPMyadmin – Optimasi database merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tujuan utama dari optimasi adalah agar akses website dapat berjalan dengan baik dan tidak memakan loading yang lama. Mungkin sobat pernah bertanya seperti berikut :

  • Mengapa website saya lambat padahal koneksi baik ?
  • Mengapa website saya jadi berantakan ?
  • Mengapa website tidak sama seperti di lokal ?

Salah satu yang menyebabkan hal tersebut ialan karena tidak dilakukannya optimasi database. Optimasi database sangat berpengaruh bagi kecepatan website sobat.

Panduan Optimasi Database Melalui PHPMyadmin

#1 Pertama silakan sobat login ke akun cpanel web hosting. Untuk login cpanel dapat dengan akses namadomain.com/cpanel atau IP Hosting:2083 (contoh : 192.88.90.241:2083). Pada tahap login cpanel sobat pasti sudah paham ya ?.

Jika sobat terkendala login cpanel, sebaiknya langsung menghubungi pihak layanan web hosting sobat. Kurang lebih seperti berikut ini untuk untuk akses ke cpanel :

Cara Reset Password Wordpress Dari PHPMyadmin

#2 Selanjutnya silakan ketikan di kotak pencarian cpanel atau panel lain “PHPMyadmin“. Jika sobat menggunakan cpanel, kurang lebih seperti berikut :

Cara Reset Password Wordpress Dari PHPMyadmin

#3 Jika sudah menemukan menu PHPMyadmin silakan di klik dan akan diarahkan ke halaman baru (halaman phpmyadmin).

Cara Reset Password Wordpress Dari PHPMyadmin

#4 Selanjutnya silakan klik “Nama Database” yang ada di sebelah kiri. Dan akan muncul tabel. Centang semua tabel dengan klik “Check All” > “Optimize Table”.

Cara Optimasi Database Melalui PHPMyadmin

 

#5 Jika sudah berhasil optimasi, maka akan terdapat pesan seperti berikut :

Cara Optimasi Database Melalui PHPMyadmin

 

Kesimpulan

Optimasi database sangat diperlukan untuk meningkatkan kecepatan website. Apalagi bila saat ini sobat menggunakan platform CMS wordpress yang menggunakan banyak plugin, tentu sampah-sampah plugin akan semakin menumpuk dan diperlukan optimasi.

Baca >> Cara Optimasi Database Dengan Plugin WP-Optimize

Demikianlah Tutorial Optimasi Database Melalui PHPMyadmin, semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman sobat. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close