CloudflareHosting

Cara Mengatasi Error ERR-SSL-VERSION-OR-CIPHER-MISMATCH Cloudflare

Cara Mengatasi Error ERR-SSL-VERSION-OR-CIPHER-MISMATCH Cloudflare – Mungkin bagi sobat yang menggunakan cloudflare pernah mengalami pesan error ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH. Dengan munculnya pesan tersebut, sudah tentu website tidak akan dapat diakses hingga sobat memperbaikinya.

Mungkin bagi sobat yang belum pernah mengalami hal demikian akan merasa bingung. Dan cara terbaik adalah mencari solusi di internet atau menanyakan langsung kepada pihak layanan hosting yang sobat gunakan. Meskipun tidak semua layanan hosting akan bersedia membantu hal ini, karena sudah diluar layanan mereka.

Baca >> Cara Menghubungkan Website Ke Cloudflare

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan website sobat mengalami error ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH ini. Berikut penyebab tersebut :

Penyebab Error ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Cloudflare

1. SSL sobat belum diverifikasi oleh vendor SSL cloudflare. Proses verifikasi biasanya membutuhkan waktu 10 menit selama jam kerja untuk sertifikat SSL berbayar cloudflare, atau hingga 24 jam ketika menggunakan SSL Lets Encrypt (Gratis).

2. Ada yang salah dengan penerbitan sertifikat SSL (sertifikat tidak valid).

3. Pengaturan DNS di dasbor Cloudflare belum aktif  (abu-abu-mendung). Dan bila sobat ingin menggunakan SSL Gratis dari cloudflare, maka DNS harus aktif (orange).

4. SSL di Cloudflare disetting menjadi Full. Namun di server hosting belum terinstall SSL.

Untuk mengatasi error tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit. Sobat dapat menggunakan beberapa cara dibawah ini :

#1 Mengganti Konfigurasi SSL Menjadi Flexibel

Cara paling mudah adalah dengan mengubah konfigurasi SSL yang ada pada cloudflare menjadi “Flexibel“. Jika sobat menggunakan cari ini, maka website akan menggunakan SSL dari cloudflare secara otomatis.

Pengunjung akan menggunakan https ketika berkunjung ke website, namun dari cloudflare ke website tetap menggunakan http

Cara : Login ke cloudflare >> Menu “Crypto” >> SSL ubah menjadi “Flexibel”.

Cara Mengatasi Error ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Cloudflare

 

#2 Install Sertifikat SSL Cloudflare Di Hosting

Meski terdapat SSL yang langsung berada pada server cloudflare, sebaiknya sobat menggunakan SSL yang diinstall manual saja. Sebab jika menggunakan flexibel pengunjung ke website saja yang menggunakan https, sedangkan dari cloudflare ke website tetap menggunakan http. Untuk mendapatkan sertifikat SSSL dari cloudflare ini sangat mudah. Namun tetap saja DNS server hosting sobat tetap harus sudah terhubung ke cloudflare.

Cara : Login ke cloudflare >> Menu “Crypto” >> Scrool kebawah “Create Certificate” >> Next >> Maka sertifikat akan muncul >> OK.

Ingat ! Pastikan konfigurasi SSL di cloudflare di ubah menjadi FULL

Cara Mengatasi Error ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Cloudflare

 

 

#3 Mengganti Konfigurasi SSL Menjadi Full

Cara yang terakhir adalah dengan mengubah konfigurasi ssl pada cloudflare menjadi FULL. Cara ini dapat sobat temput ketika ingin menggunakan SSL yang di install melalui panel hosting.
Contoh saja sobat menggunakan SSL Lets Encrypt, SSL Comodo atau SSL dari cloudflare yang di install secara manual di panel hosting. Nah, agar konfigurasi SSL tersebut terbaca, maka konfigurasi SSL di cloudflare cukup ubah menjadi FULL.
Cara : Login ke cloudflare >> Menu “Crypto” >> SSL ubah menjadi “FULL”.
Cara Mengatasi Error ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Cloudflare

Kesimpulan

Menggunakan cloudflare memang manjadi alternatif para blogger untuk keamanan website. Selain itu, dengan cloudflare juga akan membuat website lebih cepat karena terdapat caching. Meski demikian, sobat harus memperhatikan konfigurasi cloudflare tertutama pada SSL agar tidak terjadi error.

Demikianlah Cara Mengatasi Error ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Cloudflare, semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman sobat. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close