Optimasi WordpressWordpress

Cara Optimasi WordPress Dengan Plugin Merge + Minify + Refresh

Cara Optimasi WordPress Dengan Plugin Merge + Minify + Refresh – Merge + Minify + Refresh merupakan salah satu plugin optimasi wordpress yang berfungsi untuk melakukan compress file CSS & Javascript.

Cara kerja dari plugin Merge + Minify + Refresh  adalah dengan cara menggabungkan CSS & javascript ke dalam beberapa group. Kemudian mengecilkan file yang dihasilkan  menggunakan minify (CSS) dan Google Closure (Javascript).

Meski demikian, saya sendiri tidak menyarankan sobat untuk menggunakan plugin Merge + Minify + Refresh bila sobat sudah menggunakan plugin caching seperti W3 Total Cache, WP Super Cache, Speed Booster Pack, WP Fastest Cache dan lain sebagainya, karena biasanya akan terjadi error.

Hal tersebut dikarenakan metode plugin ini akan selalu melakukan refresh file minify CSS dan compress javascript. Sehingga cache akan selalu melakukan perubahan model tersebut dan akan menyebabkan error karena terlalu sering dilakukan perubahan. Namun nantinya akan saya update lagi bila memang sudah berhasil melakukan optimasi dengan Merge + Minify + Refresh yang di kombinasikan dengan plugin cache.

Untuk saat ini, admin sendiri belum menemukan kombinasi yang tepat untuk untuk plugin Merge + Minify + Refresh. Mungkin kedepannya saya akan coba untuk ngulik kombinasi optimasi yang pas antara plugin Merge + Minify + Refresh dengan plugin lain.

Fitur Merge + Minify + Refresh

Bila sobat menggunakan plugin ini, maka akan mendapatkan beberapa fitur seperti berikut :

1. Menggabungkan file JS dan CSS untuk mengurangi jumlah permintaan HTTP
2. Menangani skrip yang dimuat di header & footer
3. Kompatibel dengan skrip yang dilokalkan
4. Menciptakan WP-Cron untuk minification karena ini membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya
5. Meminimalkan JS dengan Google Closure (memerlukan php exec) dengan fallback ke Minify
6. Meminimalkan CSS dengan Minify
7. Menggunakan tanggal modifikasi terakhir dalam namafile sehingga setiap perubahan ke JS atau CSS secara otomatis diproses ulang dan diunduh pada penyegaran browser

Dan tentunya masih banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh plugin Merge + Minify + Refresh ini. Silakan kunjungi langsung link berikut > Merge + Minify + Refresh

Install Plugin Merge + Minify + Refresh

#1 Pertama, silakan sobat login ke Dashboar Wordpress terlebih dahulu melalui namadomain.com/wp-admin atau namadomain.com/wp-login.php. Kemudian isikan Username dan Password WordPress sobat. Kemudian Klik Login.
Cara Optimasi Wordpress Dengan Plugin WP Fastest Cache

#2 Setelah sobat masuk ke dalam Dasboard Wordpress. Selanjutnya sorot menu plugins disebelah kiri dan pilih Add New.
 

Cara Optimasi Wordpress Dengan Plugin WP Fastest Cache

#3 Pada kolom kanan atas silakan cari plugin “Merge + Minify + Refresh. Dan Klik Install Now  kemudian Aktifkan.

Cara Optimasi WordPress Dengan Plugin Merge + Minify + Refresh

#4 Untuk Install saat ini sudah selesai. Untuk melakukan konfigurasi, silakan langsung ke menu settings >> Merge + Minify + Refresh.
   

Konfigurasi Plugin Merge + Minify + Refresh

Konfigurasi plugin Merge + Minify + Refresh tidaklah sulit, sobat hanya perlu mengikuti panduan ini maka akan dengan mudah melakukan konfigurasinya.

#1 Silakan sobat sorot menu “Settings” kemudian pilih “Merge + Minify
+ Refresh

Cara Optimasi WordPress Dengan Plugin Merge + Minify + Refresh

#2 Jika sudah berada pada dashboard plugin Merge + Minify + Refresh, selanjutnya silakan untuk mengaktifkan beberapa fitur berikut dengan centang dan save.

Cara Optimasi WordPress Dengan Plugin Merge + Minify + Refresh

Kesimpulan

Optimasi file CSS & Javascript pada wordress dapat menggunakan plugin Merge + Minify + Refresh ini. Namun jika sobat menggunakan plugin cache, maka sebaiknya tidak menggunakan plugin ini.
 

Demikianlah Tutorial Optimasi WordPress Dengan Plugin Merge + Minify + Refresh, semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat. Jangan lupa untuk di share artikel ini kepada teman sobat. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close