Mail Hostingmasalah email hosting

Kenapa Email Hosting Error Tidak Bisa Kirim Atau Terima ?

Kenapa Email Hosting Error Tidak Bisa Kirim Atau Terima ? – Pernahkan Anda mengalami error pengiriman atau penerimaan email hosting. Permasalahan tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor yang akan kita bahas pada artikel ini.

Jadi untuk beberapa penyebab error yang akan dibahas merupakan error yang pernah saya alami dan dapat terselesaikan dengan baik dengan cara-cara tersebut. Sebagai informasi saja, sebenarnya layanan mail di shared hosting bukanlah hal yang baik bila digunakan untuk mail marketing (blast). Karena layanan email pada shared hosting tentu sangt terbatas.

Jika memang kebutuhan email marketing, maka saya sangat menyarankan agar Anda menggunakan GetResponse. Karena layanan getresponse sangat lengkap untuk fitur email marketing. Selain itu harganya juga cukup terjangkau. Baik langsung saja kita bahas penyebab error mail hosting.

Kenapa Email Hosting Error Tidak Bisa Kirim Atau Terima ?

Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang sering terjadi terkait dengan error kirim & terimail email hosting :

IP Internet bereputasi jelek

Mungkin beberapa dari Anda tidak menyadari bahwa kegagalan kirim atau terima email dapat diakibatkan karena IP jaringan yang digunakan bad reputation. Biasanya ketika Anda sudah menanyakan terkait dengan block IP pada layanan hosting namun dari sisi server tidak terblock. Begitu juga ketika dilakukan traceroute tidak terblock oleh jaringan yang Anda gunakan.

Maka hal terakhir bisa dengan mencoba melakukan pengecekan reputasi IP melalui link https://mxtoolbox.com/blacklists.aspx. Jika terblock maka akan ada tanda bahwa IP terblock. Silakan untuk mencoba menggunakan jaringan lainnya.

SPF & DKIM Nonaktif (Tidak Terbaca)

Jika SPF & DKIM nonaktif, maka penerimaan email hosting akan terganggu. Karena SPF DKIM ini sebagai pengenal sebelum masuk ke server tujuan. Sedangkan bila tidak aktif, maka kemungkinan server tujuan akan menolak.

Status SPF DKIM dapat dilakukan pengecekan dengan login ke cpanel >> ketikan “Authentication” >> Silakan klik enable bila masih berstatus disable. Dan juga klik disable kemudian enable kembali meskipun status SPF DKIM sudah enable.

Terkena Max Defers

Jika Anda menemukan error max defers saat kirim email maka artinya layanan email di akun hosting Anda terblokir sementara waktu. Pada umumnya max defers ini akan berlangsung selama 1 jam. Adapun perihal yang menyebabkan max defers adalah karena melakukan pengiriman email tidak valid berkali-kali.

Tidak valid disini bukan hanya karena email tersebut tidak aktif, namun dapat juga karena SPF DKIM tidak aktif sehingga layanan email tujuan tidak menerima dan email tersebut kembali. Nah hal tersebut dapat terbaca juga menjadi email tidak valid karena tidak terkirim ke tujuan.

Melebihi Batas Penggunaan

Pastikan untuk melakukan pengecekan kembali batas penggunaan email hosting Anda. Karena bila penggunaan melebihi batas tentunya layanan web hosting akan melakuakn suspend service email. Sehingga layanan email tidak dapat digunakan.

IP Public Terblock Keamanan Server

Permasalahan IP Public terblock ini sering terjadi. Untuk hal ini biasanya Anda tidak akan dapat mengakses cpanel, email ataupun website. Pengecekan IP public dapat dengan akses IPSAYA.COM. Pada umumnya layanan hosting akan menyediakan unblock IP melalui member area.

Jika Anda masih bingung untuk melakukan pengecekan IP terblock atau tidak. Silakan langsung menghubungi layanan hosting saja. Silakan selalu melakukan monitor akses login website, email dan lain sebagainya yang berkaitan dengan hosting melalui jaringan yang Anda gunakan.

Konfigurasi Email Klien Salah (Outlook, Thunderbird, dll)

Bila menggunakan layanan pihak ketika seperti Outlook, Thunderbird, email handphone untuk aktivitas email. Maka pastikan untuk konfigurasi sudah sesuai dengan aturan dan panduan dari layanan hosting Anda. Kesalahan yang paling terjadi bila menggunakan layanan email klien adalah pada konfigurasi Outgoing & Incoming serta pada port yang digunakan.

Jangan sungkan untuk menanyakan konfigurasi yang Anda lakukan kepada penyedia layanan hosting. Bila konfigurasi sudah sesuai namun email belum dapat digunakan, biasanya IP Public Terblock keamanan server atau IP Hosting Anda terblock oleh jaringan yang Anda gunakan.

Email Routing Salah

Permasalahan konfigurasi email routing ini jarang terjadi bila Anda tidak melakukan otak atik konfigurasi tersebut dan hanya fokus menggunakan layanan email di shared hosting. Namun bila Anda menggunakan layanan email pihak ketiga seperti GSUITE, MailChimp, Email hosting dari layanan lain dan lain sebagainya. Tetapi konfigurasi MX masih melalui hosting, maka Anda perlu melakukan perubahan Email Routing menjadi “Remote“.

Jadi pastikan untuk melakukan pengecekan kembali konfigurasi email routing Anda. Jangan sampai karena salah email routing membuat layanan email Anda menjadi terganggu. Tidak ada salahnya juga menanyakan kepada pihak layanan hosting bila masih bingung.

Terblock Grey Listing

Jika tingkat keamanan email Anda terlalu tinggi, meskipun email tersebut bukan spam bisa saja terblock. Salah satu block tersebut berasal dari fitur grey listing (bagi pengguna cpanel). Anda dapat mencoba menonaktifkan fitur ini juga, agar keamanan email sedikit longgar.

Domain atau IP Hosting Terblock Spam Block

Jika IP hosting atau Domain Anda terkena spam block, mungkin akan lebih sulit untuk mengatasinya. Anda dapat melakukan pengecekan IP atau domain terblock melalui link berikutĀ https://mxtoolbox.com/blacklists.aspx. Cukup ketikan nama domain atau IP maka akan terdeteksi apa yang melakukan block.

Jika IP yang terblock, Anda masih dapat menggunakan layanan spam expert. Namun jika sudah domain yang terblock, maka cara mengatasinya adalah mengganti domain atau mencoba melakukan banding.

MX Record Salah

Jika konfigurasi MX record salah, maka Anda tidak akan bisa menerima email sama sekali. Silakan melakukan pengecekan konfigurasi MX. Pastikan MX benar benar mengarah ke hosting atau layanan pihak ketiga yang sedang digunakan.

Kesimpulan

Tentunya banyak sekali penyebab mail hosting tidak dapat digunakan secara tiba-tiba maupun karena baru saja dilakukan konfigurasi. Demikianlah Tutorial Mengatasi Masalah Email Hosting, semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman sobat. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close