CloudflareHosting

Cara Menggunakan SSL Cloudflare

Cara Menggunakan SSL Cloudflare – Menggunakan SSL merupakan hal yang wajib untuk saat ini. Salah satu alasanya adalah karena saat ini google lebih mendahulu website yang menggunakan SSL (https) dibanding dengan website tanpa SSL. SSL beberapa jenisnya, ada yang gratis dan adapula yang berbayar. Untuk yang berbayar dibagi lagi ada DV, EV dan lain sebagainya.

Jika website yang Anda miliki adalah blog, tentunya menggunakan SSL Lets Encrypt (gratis) dari layanan hosting sudahlah cukup.Namun lebih baik lagi bila menggunakan layanan SSL berbayar karena tidak digunakan banyak pengguna untuk setiap sertifikatnya, sehingga lebih aman. Paqda kesempatan kali ini saya akan memberikan panduan bagaimana menggunakan SSL comodo gratis atau lebih tepatnya SSL dari cloudflare. Sebelumnya mari kita berkenalan dahulu dengan cloudflare.

Cloudflare merupakan CDN (content delivery network) yang memiliki fitur lebih baik dibanding dengan CDN standard. Fungsi utama dari cloudflare adalah sebagai bypass pengunjung saat akses ke website. Pengunjung tidak akan mendapatkan content langsung dari hosting namun dari dari cloudflare, sehingga akan lebih aman dari serangan DDOS.

Selain itu, dengan menggunakan cloudflare akan membuat akses semakin cepat meski diakses dari manapun. Sebab setiap server cloudflare akan menyimpanan cache dari website sobat. Berbeda halnya bila sobat tidak menggunakan cloudflare, sudah tentu pengunjung yang dari amerika akan langsung meminta data dari indonesia (server indonesia) sehingga membuat akses semakin lama.

Keuntungan Menggunakan Cloudflare

Banyak sekali keuntungan yang akan sobat dapatkan bila menggunakan layanan cloudflare meskipun hanya gratis. Berikut beberapa keuntungan menggunakan cloudflare :

  1. IP Hosting tersembunyi, sehingga mengurangi terjadinya serangan hacker
  2. Terdapat Cache yang membuat website dapat dengan cepat diakses.
  3. Perlindungan serangan DDOS
  4. Website tetap meskipun server down, karena adanya cache
  5. Layanan SSL Gratis
  6. Dan lain sebagainya
Untuk lebih jelasnya, silakan cek pada link berikut kelebihan dan kekurangan dari cloudflare.

 

Cara Menggunakan SSL Cloudflare

Kembali lagi ke topik utama, bagaimana cara menapatkan atau menggunakan SSL Cloudflare secara gratis ?. Silakan ikuti panduan berikut :

#1 lakukan pendaftaran akun cloudflare (cara daftar cloudflare gratis)
#2¬†Selanjutnya silakan pilih menu “Crypto“untuk generate sertifikat SSL Cloudflare. Namun pastikan DNS domain sudah terhubung dengan baik di cloudflare.

Cara Menggunakan SSL Cloudflare

#3¬†Scrool kebawah hingga menemukan menu “Create Certificate” seperti gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan SSL Cloudflare

#4 Silakan di klik menu “Create Certificate” dan klik “Next” hingga muncul sertifikat (Origin Certificate & Private Key). Simpan sertifikat tersebut di note untuk di install pada server sobat. Sebelum klik “OK“, pastikan untuk memilih web server yang digunakan oleh layanan hosting sobat.

Cara Menggunakan SSL Cloudflare

#5 Jika sudah di install sertifikatnya di layanan hosting. Maka jangan lupa untuk mengubah status sertifikat pada cloudflare menjadi “Full” agar install sertifikat pada web hosting terbaca.

Cara Menggunakan SSL Cloudflare

#6 Selamat sobat telah berhasil mendapatkan sertifikat SSL cloudflare.

SSL dari cloudflare ini dapat di install di layanan hosting layanana manapun. Dengan catatan layanan hosting menyediakan fitur untuk install SSL dari layanan luar. Oh iya, bila sobat mencari layanan web hosting indonesia terbaik, ane punya beberapa rekomendari hosting. Silakan cek layanan hosting melalui link berikut : Hosting Indonesia Terbaik.

Kesimpulan

Menggunakan cloudflare memang manjadi alternatif para blogger untuk keamanan website. Selain itu, dengan cloudflare juga akan membuat website lebih cepat karena terdapat caching. Kelebihan lain dari cloudflare ialah terdsapat SSL comodo gratis. Untuk hal tersebut bisa sobat cek pada link berikut bila SSL cloudflare telah di install pada layanan web hosting dan konfigurasi ssl di cloudflare sudah full >> Whynopadlock

Demikianlah Panduan Cara Menggunakan SSL Cloudflare, semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman sobat. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close