Hosting

Pengertian Hosting dan Domain ?

Pengertian Hosting dan Domain ? РSebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi yang namanya hosting dan domain. Bila Anda seorang web developer, jasa pembuatan website atau pemilik website tentu membutuhkan hosting dan domain untuk menunjang supaya website dapat online.

Tanpa hosting, website Anda juga bisa tetap online. Jika Anda mampu untuk membuat server sendiri, yang tentunya akan menghabiskan biaya yang lebih mahal. Oleh karena itu lebih baik Anda meyewa hosting, yang tentunya lebih murah. Apalagi bila Anda baru memulai membuat website, maka disarankan untuk menggunakan layanan shared hosting terlebih dahulu.

Salah satu layanan hosting yang saya sarankan adalah Niagahoster. Niagahoster memiliki server yang baik dan pelayanan yang baik. Customer service siap membantu Anda 24 jam non stop. Sehingga Anda tidak perlu khawatir bila tengah malam sedang melakukan development website, tiba-tiba terjadi masalah hosting. Kembali lagi kita akan membahas mengenai hosting dan domain :

Pengertian Hosting

Hosting merupakan tempat penyimpanan data atau file website. Hosting memiliki file fisik yang dinamakan dengan server. Server merupakan komputer yang telah disusun sedemikian rupa yang fungsinya untuk penyimpanan file website. Server ini sama dengan komputer, memiliki Hardisk, RAM, Prosesor dan lainnya.

Bentuk dari server seperti rak-rak yang bersusun rapi. Dan untuk server hosting sendiri terletak di data center khusus yang dilengkapi dengan listrik dan jaringan dengan kecepatan tinggi. Sehingga tidak heran bila kecepatan akses hosting ketika di ping hanya beberapa milisecond (ms).

Baca >> Komponen dan istilah dalam hosting

Server hosting berbeda dengan komputer biasa, karena di khususkan untuk website maka OS dan software yang digunakan memang di khususkan untuk menjalankan aplikasi website terus menerus tanpa offline. Meskipun beberapa waktu terdapat adanya down karena maintenance maupun terdapat serangan dari luar server. Cek disini untuk Hosting Murah Indonesia

Pengertian Domain

Domain merupakan sebuah nama, alamat atau penanda sebuah website. Domain akan menerjemahkan IP hosting agar mudah untuk dipahami dan diingat oleh orang. Bayangkan saja bila tanpa nama domain, Anda harus mengingat sebuah IP untuk akses sebuah website. Contoh IP : 178.90.432.12.

Dengan adanya domain, maka IP 178.90.432.12 bisa Anda ganti dengan nama domain seperti “jualanbajumurahmudah.com”. Sehingga ketika ada user yang ingin akses dan menemukan website menjadi lebih mudah.

Saat Anda membeli domian, pada dasarnya Anda hanya menyewa sebuah nama saja. Domain tidak dapat digunakan untuk penyimpanan file website atau aplikasi lainnya. Sehingga Anda membutuhkan yang namanya hosting agar file website Anda dapat terkoneksikan dengan internet.

Jadi kesimpulannya, hosting adalah tempat penyimpanan data, sedangkan domain sebuah nama atau alamat.
Agar website Anda dapat diakses, maka Anda memerlukan domain dan hosting. Beli Hosting Domain Disini

Setelah Anda membeli hosting dan domain, maka Anda sudah dapat membuat website melalui hosting menggunakan wordpress, prestashop dan lain sebagainya. Sedangkan bila Anda sudah membuat website di lokal komputer, maka tinggal di upload saja ke hosting agar segera online.

Untuk Anda yang akan membuat toko online menggunakan wordpress, berikut beberapa rekomendasi themes toko online >> CEK DISINI

Atau membutuhkan bantuan dalam membuat website, silakan cek pada link berikut >> CEK DISINI

Anda juga bisa mencoba membuat website sendiri dengan pengikuti panduan berikut >> Cara Membuat Website dengan wordpress.

Demikianlah artikel Pengertian Hosting dan Domain ?, semoga artikel ini dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada sanak saudara, agar website novri.web.id semakin ramai. Terima kasih

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close