VestaCPVPS

Cara Install VestaCP Nginx CentOS

Cara Install VestaCP Nginx CentOS – VestaCP merupakan salah satu control panel VPS gratis dan open source yang memudahkan pengelolaan email, website, dan DNS. Selain VestaCP ada juga control panel gratis lain seperti Centos Web Panel, Webuzo, Webmin, Virtualmin, dll. Jika Anda baru dalam menggunakan VPS, maka sangat di sarankan untuk menggunakan panel agar mudah manajemen VPS.

Jasa managed vps

VestaCP sangat ringan untuk digunakan, karena memiliki desain panel yang sederhana namun kaya akan fitur. Berikut ini beberapa fitur dari VestaCP :

  • Web Server
  • Server DNS
  • Database Server
  • Mail Server
  • FTP Server
  • Backup
  • Anti Virus / Anti Spam
  • Support EPEL
  • Support WHMCS Billing
  • dll

Dan tentunya masih banyak fitur yang terdapat pada VestaCP. Bila kebutuhan Anda hanya untuk pengelolaan website atau email saya rasa sudah sangat cukup sekali. Berbeda jika bila Anda ingin memiliki fitur lebih dengan interface yang lebih baik pula.

Sebelum Anda mulai untuk melakukan install VestaCP, pastikan spesifikasi minimal server Anda sesuai dengan rekomendasi dari VestaCP yaitu :

  • RAM 512 MB
  • HDD 20 GB
  • CPU 1 GHz

Namun untuk lebih baiknya tentu diatas spesifikasi minimum yang di sarankan oleh VestaCP. Agar kinerja panel atau server juga semakin baik. Silakan Anda mengikuti panduan install VestaCP ini dengan teliti agar tidak terjadi kegagalan saat install.

Cara Install VestaCP Nginx CentOS

Sebelum memulai install VestaCP, pastikan Anda sudah mengetahui detail login SSH server VPS Anda. Akses SSH dapat melalui Putty, CMD (windows), Mac terminal (apple) atau Terminal (linux). Bila belum tahu, silakan mencoba untuk menghubungi layanan Anda.

#1 Pertama, Silakan Anda akses https://vestacp.com/install/ untuk mendapatkan command installer VestaCP.

Cara Install VestaCP Nginx CentOS

#2 Kedua, Scroll kebawah hingga menemukan “ADVANCED INSTALL SETTINGS“. Bila Sudah menemukan, silakan Anda settings detailnya seperti berikut ini :

WEB : nginx + php-fpm
DNS : named
FTP : vsftpd
FIREWALL : iptables + fail2ban
MAIL : exim + dovecot + spamassassin + clamav
DB : MySQL
Hostname : srv.namadomain.com
Email : [email protected]
Password : Password

Cara Install VestaCP Nginx CentOS
Setelah selesai mengisi kolom seperti detail diatas, selanjutnya klik tombol “Generate Install Command “. Maka command untuk install VestaCP akan muncul dibagian bawah seperti berikut.

Cara Install VestaCP Nginx CentOS#3 Ketiga, Anda dapat mulai dari login SSH (nomor #1), dan jalankan command satu persatu hingga ke nomor 3.

Cara Install VestaCP Nginx CentOSCara Install VestaCP Nginx CentOSCara Install VestaCP Nginx CentOS  #4 Keempat, Setelah install selesai, Anda akan mendapatkan detail login ke panel VestaCP seperti berikut.

Cara Install VestaCP Nginx CentOS

#5 Kelima, Silakan Anda akses detail login tersebut melalui browser dan mulai untuk menggunaka Panel VestaCP.

Cara Install VestaCP Nginx CentOSCara Install VestaCP Nginx CentOSCara Install VestaCP Nginx CentOS Selamat ! Panel VestaCP telah berhasil di install pada server VPS Anda. Tidaklah sulit untuk melakukan install VestaCP bila Anda mengikuti panduan ini dengan teliti.

Demikianlah Cara Install VestaCP Nginx CentOS. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk shared artikel ini kepada teman, kerabat, saudara atau lainnya. Agar mimin novri.web.id lebih semangat dalam membuat panduan-panduan lain.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close