Membuat Website

Membuat Website #1 Belajar Cara Membuat Website Menggunakan WordPress

Apakah Anda ingin memiliki website professional sendiri dengan biaya yang terjangkau ?

Maka jawabannya adalah dengan menggunakan wordpress, Anda dapat membuat website dengan biaya terjangkau namun fitur-fitur yang disediakan sangat banyak.

Tidak hanya professional, bagi Anda yang ingin belajar cara membuat website secara cepat dan mudah, maka WordPress juga platform terbaik.

Hampir semua pemilik website pasti mengetahui WordPress.

Salah satu yang membuat CMS WordPress sangat populer adalah karena gratis, dengan fitur komplek serta menggunakannya juga sangat mudah. Bahkan Anda yang belum pernah sama sekali membuat website akan dengan mudah menggunakan wordpress.

Sebelum adanya wordpress, membuat website bukanlah hal yang mudah. Anda perlu mahir bahasa pemrograman dan hal-hal lain yang mendukung website.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara membuat website menggunakan wordpress mulai dari instalasi serta mempelajari fitur-fiturnya.

Apa itu WordPress ?

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka.

Dengan begitu populernya wordpress, Anda pasti sudah berkunjung ke website berbasis wordpress. Bahkan bila Anda menemukan panduan ini, berarti Anda sedang mengunjung website berbasis wordpress.

Banyak sekali website-website besar yang menggunakan wordpress. Anda dapat cek website tersebut dihalaman berikut cek disini

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus mengetahui jenis wordpress agar lebih mantap. Banyak yang bertanya kepada saya mengenai perbedaan antara wordpress.com dengan wordpress.org.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Jadi wordpress itu memiliki 2 versi, yang pertama wordpress.com dan wordpress.org. Tentunya Anda yang baru saja menggunakan wordpress akan bertanya-tanya. Dan mana versi wordpress yang harus dipilih sesuai kebutuhan ?.

WordPress.com merupakan wordpress versi gratis, semua website yang dibuat menggunakan wordpress.com maka akan ada kata wordpress.com dibelakang nama link web.

Misal saja saya ingin membuat website dengan nama Novri menggunakan wordpress.com, link website saya akan menjadi novri.wordpress.com. Bila Anda pernah menggunakan blogger.com maka fungsinya sama.

Sedangkan untuk wordpress.org adalah versi open source yang dapat Anda unduh secara gratis serta dipasang di server hosting sendiri serta menggunakan nama domain sendiri tanpa ada kata wordpress.

Berikut untuk perbedaan antara wordpress.com dengan wordpress.org :

1. WordPress.org membutuhkan hosting atau server sendiri untuk dapat online. Sehingga semua kendala terhadap website secara keseluruhan mulai dari konten hingga script website dapat Anda kelola sendiri.

2. Themes dan plugin yang tersedia wordpress.org sangat banyak dan bisa menggunakan plugin pihak ketiga atau Anda juga bisa membuatnya sendiri. Sedangkan untuk wordpress.com penggunaan themes dan plugin sangat terbatas.

3. Maintenance website wordpress.com tergantung dari server wordpress sendiri. Sedangkan untuk wordpress.org tergantung Anda sendiri dan bebas kapanpun bisa melakukan maintenance.

4. Konfigurasi SEO pada wordpress.com cukup sulit dan harus menggunakan pihak ketiga, sedangkan wordpress.org sangat mudah. Bahkan Anda bisa membuat/install fitur SEO sendiri.

5. Biaya wordpress.com cukup murah karena bisa dibayarkan bulanan, bahkan gratis bila Anda ingin tetap menggunakan website dengan embel-embel wordpress.com. Sedangkan biaya hosting wordpress.org cukup mahal namun masih banyak yang terjangkau.

Dan tentunya masih banyak lagi perbedaan yang tidak dapat saya jelaskan secara menyeluruh.

Kesimpulannya, bila Anda ingin pengelolaan file website dan lainnya lebih leluasa maka menggunakan wordpress.org dengan pilihan hosting terbaik.

Namun jika tidak ingin ribet dan lebih murah maka menggunakan wordpress.com adalah solusinya.

Rekomendasi dari saya lebih baik menggunakan wordpress.org yang ada pada hosting. Selain banyaknya themes atau plugin yang dapat kita gunakan. Anda juga dapat dengan leluasa dalam pengelolaan website.

Sehingga bila suatu saat ingin pindah layanan hosting atau website ingin di nonaktifkan terlebih dahulu, Anda akan dengan mudah memiliki backup file websitenya.

Mengapa WordPress menjadi pilihan yang Populer untuk membangun website ?

Alasan utamanya tentu karena kemudahan serta fitur yang tersedia juga begitu banyak. Bahkan Anda tidak membutuhkan lebih dari 10 menit untuk dapat membuat website wordpress.

Namun tidak hanya itu, masih terdapat alasan lain mengapa harus memilih wordpress :

1. Dengan wordpress, Anda tidak perlu membangun website dari awal yang tentunya akan memakan banyak waktu.

2. Anda bebas melakukan modifikasi pada wordpress sesuai dengan kebutuhan. Baik fitur ataupun desain bisa Anda sesuaikan sendiri.

3. Banyak themes free atau berbayar yang siap Anda gunakan dengan segudang fitur dari themes tersebut. Begitu juga dengan plugin ada yang gratis dan berbayar.

4. WordPress terus dikembangkan serta diperbaharui oleh banyak programmer di dunia.

5. Mudah dipelajari dan komunitas yang begitu besar, sehingga Anda akan lebih mudah mencari pemecahan masalah wordpress melalui forum.

Sebelum perkembangan wordpress yang begitu pesat, dahulu wordpress hanya platform untuk blog saja.

Namun saat ini wordpress sudah dapat bahkan sering digunakan untuk situs komunitas, perusahaan, sekolah, jual beli, direktori, portofolio dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan pertama kita mengenai wordpress, kita akan melanjutkan ke pembahasan selanjutnya. Ada baiknya selalu mengikuti step by step panduan cara membuat website wordpress ini akan lebih paham.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close