Hosting

Cara Install PHPmyadmin di Subdomain

Cara Install PHPmyadmin di Subdomain – Bagi Anda yang berkerja dengan banyak developer, tentunya ingin memiliki keamanan yang lebih baik bagi hosting. Hal ini akan menjadi masalah khususnya bagi pengguna hosting cpanel, karena hanya memiliki 1 user akses cpanel atapun PHPmyadmin.

Untuk mengatasi hal tersebut, saat ini softaculous menawarkan app phpmyadmin yang dapat di install langsung dari menu softaculous. Namun bila layanan hosting Anda tidak memiliki softaculous, maka Anda perlu melakukan install PHPmyadmin manual.

Pada panduan kali ini, saya akan membahas mengenai cara install phpmyadmin melalui softaculous ataupun manual. Dan instalasi menggunakan subdomain. Namun bila Anda ingin install menggunakan subdirektori juga tidak ada masalah.

Cara Install PHPmyadmin dari Softaculous

Dalam panduan ini, pertama kali yang harus Anda siapkan adalah subdomain. Saya tidak akan membahas cara pembuatan subdomain, jadi bila Anda masih belum mahir dalam membuat subdomain, silakan menghubungi layanan hosting Anda

Pertama, Buat Subdomain di Cpanel

Kedua, Cari dan Pilih menu “Softaculous

Cara Install PHPmyadmin di Subdomain

Ketiga, Cari dan klik app “phpmyadmin” di sidebar pencarian sebelah kiri.

Cara Install PHPmyadmin di Subdomain

Keempat, Selanjutnya klik “Install Now” untuk memulasi instalasi phpmyadmin.

Cara Install PHPmyadmin di Subdomain

Kelima, Pilih nama subdomain yang telah Anda buat sebelumnya dan klik “Install“. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Keenam, Akses Url phpmyadmin yang Anda buat dan gunakan username serta password database Anda untuk login.

Cara Install PHPmyadmin di Subdomain

Sangat mudah install PHPmyadmin melalui softaculous. Hal ini tentunya sangat menjaga keamanan hosting bagi Anda yang menggunakan jasa pihak ketiga dalam pengelolaan website.

Cara Manual Install PHPmyadmin

Sama seperti sebelumnya, pastikan Anda sudah menyiapkan subdomain. Selanjutnya download file script phpmyadmin dari situs resmi untuk keamanan.

Pertama, Buat Subdomain di Cpanel

Kedua, Download Script PHPmyadmin melalui website resmi berikut ≥≥ Download Disini.

Cara Install PHPmyadmin manual

Ketiga, Upload dan Extract script PHPmyadmin di folder subdomain hosting. Dan keluarkan semua file yang ada di folder extract ke folder utama subdomain.

Cara Install PHPmyadmin manual Cara Install PHPmyadmin manual Cara Install PHPmyadmin manual

Cara Install PHPmyadmin manual

Keempat, Install sudah selesai. Silakan Anda akses kembali URL login phpmyadmin dan gunakan username serta password database Anda.

Cara Install PHPmyadmin di Subdomain

Instalasi aplikasi phpmyadmin telah selesai. Anda dapat memberikan link akses phpmyadmin, username dan password database kepada developer Anda. Selanjutnya kita akan membahas mengenai install file manager di hosting.

Demikianlah artikel Cara Install PHPmyadmin di Subdomain, semoga artikel ini dapat membantu sobat. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada sanak saudara, agar website novri.web.id semakin ramai. Terima kasih !

Tags

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close