Linux

Cara Install Xampp di Ubuntu 20.04 LTS

Install xampp di ubuntu 20.04 LTS hanya perlu menggunakan beberapa perintah yang dijalankan melalui terminal linux. Selain dapat di install pada linux, xampp juga dapat di install pada windows ataupun macOs. Selain menggunakan xampp, di linux dapat menjalankan LAMPP.

Apa itu XAMPP ?

Jika Anda ingin mengembangkan perangkat lunak untuk web atau membuat situs web, Anda memerlukan alat untuk melakukan pengujuan yang tidak dapat diakses dari luar. XAMPP dari Apachefriends menawarkan lingkungan pengembangan seperti itu. Ini memungkinkan pembuatan di server web Lokal dengan Apache, PHP, Perl, dan MySQL.

Selain Apache, MySQL, PHP, dan Perl, program lain seperti phpMyAdmin untuk menjalankan database MySQL, OpenSSL untuk enkripsi koneksi jaringan, FileZilla sebagai server FTP dan Mercury Mail Transport System adalah server email dengan POP, SMTP dan IMAP disertakan.

XAMPP dirancang sebagai sistem pengujian dan bertujuan agar siap digunakan dengan cepat. Sehingga tidak digunakan untuk web server komersial. Selain Windows dan macOS, ini hampir mendukung semua distribusi Linux seperti Debian, RedHat, CentOS, Ubuntu, Fedora, Gentoo, Arch, SUSE.

Cara Install Xampp di Ubuntu 20.04 LTS

Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini tidak hanya untuk Ubuntu 20.04 tetapi juga untuk versi sebelumnya seperti Ubuntu 19.10 / 19.04 / 18.10 / 18.04 / 16.04

Pertama, Unduh File Xampp untuk Linux

Hal pertama yang Anda lakukan adalah melakukan download file xampp agar dapat di install pada ubuntu 20.04 LTS. Anda dapat mengunjungi situs resmi melalui link berikut download apache.

Anda dapat memilih versi xampp sesuai dengan kebutuhan project yang akan Anda kembangkan. Anda akan melihat tiga versi di sana:

  • 7.2.34 / PHP 7.2.34 (64-bit)
  • 7.3.23 / PHP 7.3.23 (64-bit)
  • 7.4.11 / PHP 7.4.11 (64-bit)

Cara Install Xampp di Ubuntu 20.02 LTS

Kedua, Buka Terminal

Anda dapat menggunakan perintah- CTRL + ALT + T atau cukup masuk ke opsi Aplikasi dari Aktivitas dan mencari Terminal lalu menjalankannya.

Ketiga, Ubah Permission File Xampp

Anda dapat masuk ke lokasi download file xampp sebelumnya, secara default biasanya akan berada pada folder “downloads“. Jalankan perintah dibawah ini untuk masuk ke direktori download pada terminal linux.

cd Downloads

Cara Install Xampp di Ubuntu 20.02 LTS

Selanjutnya ubah permission file xampp menjadi 755 dengan menjalankan perintah dibawah.

chmod 755 xampp-linux - * - installer.run

Jalankan command instalasi dibawah ini untuk memulai konfigurasi xampp.

sudo ./xampp-linux-*-installer.run

Keempat, Setup Installer

Setelah menjalankan perintah diatas maka akan muncul wizard install xampp. Anda cukup klik “Next” hingga proses instalasi selesai.

Cara Install Xampp di Ubuntu 20.02 LTS

Cara Install Xampp di Ubuntu 20.02 LTSCara Install Xampp di Ubuntu 20.02 LTS

Kelima, Jalankan Server Apache dan MySQL

Setelah Anda klik “finish” maka akan muncul popup aplikasi apache untuk mengaktifkan server mysql, apache, dan lainya. Pilih tab “Manage Servers”  kemudian klik “start all” agar service aktif

Cara Install Xampp di Ubuntu 20.02 LTS

Saat ini service telah aktif, Anda dapat menggunakan xampp dan memulai membuat website.

Cara Install Xampp di Ubuntu 20.02 LTS

Catatan : lokasi instalasi xampp sebelumnya ada di /opt/lampp.

Bila Anda ingin menghapus instalasi xampp bisa menjalankan perintah berikut.

sudo /opt/lampp/uninstall

Keenam, Akses Website dan PHPmyadmin di Browser

File website dapat Anda letakan pada folder “htdocs“, agar dapat diakses langsung pada browser. Dan untuk mengakses di browser dapat menjalankan perintah dibawah pada browser.

http://localhost/

Cara Install Xampp di Ubuntu 20.02 LTS

Sedangkan bila akses phpmyadmin untuk kelola database, Anda dapat menjalankan perintah berikut pada browser.

http://localhost/phpmyadmin

Cara Install Xampp di Ubuntu 20.02 LTS

Catatan Tambahan : 

Jika Anda ingin menghentikan xampp, cukup gunakan perintah berikut di terminal linux.

sudo /opt/lampp/lampp stop

Jika ingin menjalankan kembali maka gunakan berikut berikut ini.

sudo /opt/lampp/lampp start

Tidak sulit untuk install xampp di linux. Anda sudah dapat menjalankan website tanpa dapat diakses secara global oleh perangkat lainnya.

Demikianlah Cara Install Xampp di Ubuntu 20.04 LTS, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman sobat. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close