Codeigniter

Cara Redirect HTTP ke HTTPS di Codeigniter

Bagaimana cara redirect HTTP ke HTTPS di codeigniter ?. Secure Sockets Layer (SSL) merupakan keamanan standard yang digunakan untuk mengenkripsi data yang dikirimkan dari web server ke browser, begitu juga sebaliknya. Dengan transmisi data yang di enkripsi, akan membuat keamanan website menjadi lebih terjamin.

Tanda ketika website sudah menggunakan SSL adalah terdapat gembok hijau atau secure padas browser, selain itu protokol HTTP akan berubah menjadi HTTPS. Contohnya website novri.web.id juga sudah menggunakan SSL. Jika sebelumnya Anda sudah melakukan pemasangan SSL namun beralih ke https atau secure, artinya Anda belum mengaturan force akses website ke https atau masih terdapat mixed content.

Jika Anda menggunakan CMS WordPress, maka redirect atau force ke HTTPS dapat menggunakan plugin “Really Simple SSL”. Namun bagaimana bila Anda menggunakan Codeigniter, maka tidak dapat menggunakan plugin.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat https di codeigniter. Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat website codeigniter Anda otomatis force ke https agar secure. Sebelum Anda mulai konfigurasi https, ada baiknya melakukan pengecekan apakah memang SSL sudah terinstall dengan baik melalui ssl shopper atau whynopaddlock.

Setelah Anda melakukan konfigurasi redirect ke https namun website juga belum secure, artinya terdapat beberapa file mixed content (belum force https) yang mengganggu website menjadi secure. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan mixed content tersebut menggunakan whynopaddlock.

Cara Redirect HTTP ke HTTPS di Codeigniter

Pastikan Anda sudah melakukan instalasi SSL dengan baik. Sehingga ketika konfigurasi force https dilakukan tidak akan membuat website menjadi error ketika diakses. Gunakan SSL Lets Encrypt ataupun jenis SSL lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Redirect HTTPS menggunakan .Htaccess di Codeigniter

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan perubahan pada base_url codeigniter menjadi https. Jika Anda masih menggunakan codeigniter 3 maka akan berbeda letak konfigurasi base_url dengan codeigniter 4.

Settings Base_url Codeigniter 3

Termukan dan edit file script config.php untuk mengganti base_url di codeigniter 3.

/application/config/config.php

Ubah bagian base_url dengan nama domain Anda.

$config['base_url'] = 'https://www.NamaDomain.com';

Settings Base_url Codeigniter 4

Jika pada codeigniter 4, Anda dapat mengganti base_url dengan mengedit file App.php.

/app/Config/App.php

Ganti pada bagian script berikut dengan nama domain Anda.

public $baseURL = 'https://www.namadomain.com';

Atau Anda juga bisa membuat URL dinamis pada codeigniter, sehingga ketika website menggunakan SSL otomatis hanya perlu settings redirect dan akan membuat website otomatis menggunakan https.

Selanjutnya tambahkan script .htaccess dibawah ini agar website codeigniter Anda otomatis redirect atau force ke https.

RewriteEngine On
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Sangat mudah sekali untuk melakukan redirect https di codeigniterb menggunakan .htaccess. Jika website Anda tak kunjung secure meski sudah redirect ke .htaccess, maka akan kemungkinan terdapat file yang mixed content. Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan whynopaddlock untuk mengetahui mixed content dan memberbaikinya. Bisa dengan reupload file tersebut atau jika pada script edit script tersebut menggunakan https.

Biasanya file yang menyebabkan mixed adalah sebuah url library, contoh library bootstrap cdn atau lainnya. Saat Anda melakukan coding tidak menggunakan https saat melakukan pemanggilannya.

Demikianlah Cara Redirect HTTP ke HTTPS di Codeigniter. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk shared artikel ini kepada teman, kerabat, saudara atau lainnya. Agar mimin novri.web.id lebih semangat dalam membuat panduan-panduan lain. images by flaticon

Tags

Novri K

Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close