OpenCart

Cara Mengubah URL Opencart dengan Mudah

Bagaimana cara mengubah url atau domain opencart ?. Opencart adalah sebuah sistem manajemen konten berbasis Web yang berlisensi GPL versi 3. Opencart dirancang khusus untuk website toko online (ecommerce). Sehingg bagi Anda yang ingin membuat toko online, bisa menggunakan CMS opencart.

Terkait dengan desain dari website, Anda bisa menggunakan tema gratis ataupun yang dijual dipasaran. Namun apabila Anda mahir dalam desain template sendiri maka bisa menggunakan desain template yang telah Anda develop sebelumnya.

Mengganti url pada website opencart mungkin perlu Anda lakukan, bila sebelumnya melakukan develop di sub direktori, localhost ataupun karena hal lainnya. Namun perlu Anda ketahui, dengan mengganti url tentunya akan mempengaruhi SEO website jika  sebelumnya website sudah bekerja dengan baik dalam waktu yang lama.

Baik, sebelum Anda melakukan pergantian url maka ada baiknya jika melakukan backup terlebih dahulu. Hal ini tentu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan pada website atau hal lain. Anda bisa menggunakan fullbackup di cpanel ataupun panel yang digunakan layanan hosting.

Cara Mengubah URL Opencart

Opencart mendefinisikan URL website Anda dalam dua file konfigurasi (config.php) yang terletak di folder root dan admin dari instalasi Opencart secara terpisah. Jadi Anda perlu melakukan perubahan pada semua url pada config.php, baik pada root folder maupun admin folder. Silakan mengikuti panduan mengenai cara mengubah URL opencart dibawah ini.

1. Memperbaharui URL Config.php di Root Folder

Pertama silakan Anda masuk ke folder website opencart dan temukan file config.php. Apabila sudah ditemukan, silakan langsung saja edit file config.php tersebut.

mengubah url atau domain opencart

Lalu ganti pada bagian define(‘HTTP_SERVER’ dan define(‘HTTPS_SERVER’ dengan alamat url yang baru dan save apabila sudah selesai.

// HTTP
define('HTTP_SERVER', 'http://namadomainbaru.com/');

// HTTPS
define('HTTPS_SERVER', 'http://namadomainbaru.com/');

mengubah url atau domain opencart

2. Memperbaharui URL Config.php di Admin Folder

Untuk yang terakhir adalah mengganti url config.php yang ada di folder admin. Untuk caranya sama saja seperti sebelumnya ganti bagian define dengan url atau domain Anda yang baru.

// HTTP
define('HTTP_SERVER', 'http://namadomainbaru.com/admin/');
define('HTTP_CATALOG', 'http://namadomainbaru.com/');

// HTTPS
define('HTTPS_SERVER', 'http://namadomainbaru.com/admin/');
define('HTTPS_CATALOG', 'http://namadomainbaru.com/');

Cara Mengubah URL Opencart

Saat ini mengganti url atau domain pada opencart telah selesai. Anda bisa melakukan pengecekan kembali dengan akses nama domain yang baru tersebut pada browser.

Catatan !. Jika Anda melakukan perubahan pada direktori website atau berbeda layanan hosting maka Anda harus menyesuaikan letak direktori beserta database sesuai dengan hosting yang baru atau direktori baru di semua config.php.

mengubah url atau domain opencart

Demikianlah Cara Mengubah URL Opencart dengan Mudah. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk shared artikel ini kepada teman, kerabat, saudara atau lainnya. Agar mimin novri.web.id lebih semangat dalam membuat panduan-panduan lain. images by freepick.

Tags

Novri K

Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close