Codeigniter

Tips Menampilkan Error di Codeigniter

Bagaimana menampilkan pesan error di codeigniter ?. Codeigniter adalah aplikasi open source yang berupa kerangka kerja PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun situs web dinamis dengan menggunakan PHP. Codeigniter merupakan salah satu framework PHP yang populer digunakan oleh para developer untuk membangun website.

Dalam membuat sebuah sistem mungkin akan sering terjadi error yang membuat sistem tidak bekerja sebagaimana semestinya. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu kinerja sistem nantinya. Sehingga Anda perlu selalu melakukan pengecekan dan testing aplikasi sebelum benar-benar di launching.

Dengan mengetahui error yang terjadi, tentu akan memudahkan dalam proses development website. Fungsi-fungsi dan fitur yang tidak bekerja dengan baik akan lebih cepat untuk diperbaiki dengan adanya log error/show error ini.

Tips Menampilkan Error di Codeigniter

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara menampilkan pesan error di codeigniter. Terdapat beberapa alternatif cara yang dapat Anda lakukan. Karena struktur codeigniter 3 dengan 4 berbeda, sehingga nantinya akan ada beberapa langkah yang berbeda dalam proses menampilkan error.

1. Menampilkan Pesan Error Codeigniter dari ENV

Cara ini hanya bisa Anda gunakan pada codeigniter 4. Karena untuk codeigniter 3 atau dibawahnya belum menggunakan konfigurasi env.

  • Silakan Anda edit file “env” (hidden file pada webhosting bisa diaktifkan dahulu)

Tips Menampilkan Error di Codeigniter

  • Selanjutnya pada bagian script “CI_ENVIRONMENT = production” ganti menjadi “CI_ENVIRONMENT = development

Ketika proses perbaikan pada error telah selesai, maka pastikan kembalikan ke production agar tidak muncul error secara tiba-tiba ketika website Anda sudah di publish.

Tips Menampilkan Error di Codeigniter

2. Menampilkan Pesan Error Codeigniter dari Index.php

Pada cara ini hanya bisa digunakan codeigniter 3 atau dibawah. Menampilkan error masih tetap menggunakan environtment, namun hanya letaknya yang berbeda.

  • Lakukan editing pada file index.php
  • Kemudian temukan bagian script dibawah ini ada ubah pada bagian “production” menjadi “development“.

define(‘ENVIRONMENT’, isset($_SERVER[‘CI_ENV’]) ? $_SERVER[‘CI_ENV’] : ‘production’)

Tips Menampilkan Error di Codeigniter

Ketika proses perbaikan pada error telah selesai, maka pastikan kembalikan ke production agar tidak muncul error secara tiba-tiba bila terjadi error kembali ketika website Anda sudah di publish.

3. Menampilkan Pesan Error Codeigniter dari Log_threshold

Jika pada cara sebelumnya pesan error akan ditampilkan dilayar, maka jika menggunakan log_threshold pesan error dapat dilihat melalui folder logs (log error). Semua yang terjadi pada aplikasi akan terekam pada logs, tidak hanya error saja.

Terdapat 4 jenis logs yang dapat ditampilkan yakni :

0 = Log error dinonaktifkan.
1 = Pesan error (termasuk error php)
2 = Pesan Debug
3 = Pesan Informasi
4 = Menampilkan semua pesan

konfigurasi log_threshold sesuai dengan angka yang Anda butuhkan.

Konfigurasi Log_threshold Codeigniter 4

Konfigurasi log_threshold pada codeigniter 4 akan berbeda dengan versi 3, hal tersebut karena memang struktur skrip sudah berbeda.

  • Silakan Anda edit file env dan aktifkan bagian logger.threshold =, ganti angka tersebut dengan logs yang ingin Anda tampilkan.

Tips Menampilkan Error di Codeigniter

Jika sudah diaktifkan, maka file logs bisa Anda temukan pada folder writable/logs. Logs akan dibuat 1 file dalam 1 hari sesuai dengan tanggal error.

Tips Menampilkan Error di Codeigniter

Konfigurasi Log_threshold Codeigniter 3

Letak konfigurasi logger.threshold pada codeigniter 3 sangat berbeda jauh dengan codeigniter 4.

  • Temukan dan edit file config.php (application/config/config.php)

Tips Menampilkan Error di Codeigniter

  • Lalu temukan dan ganti angka pada script berikut $config[‘log_threshold’] = 0;.

Tips Menampilkan Error di Codeigniters

Bila ingin menonaktifkan log_error maka Anda bisa mengubah nilai default kembali ke nol.

4. Menampilkan Pesan Error Codeigniter dari .htaccess

Langkah ini bisa Anda gunakan untuk menampilkan pesan kesalahan pada coedeigniter ataupun jenis script PHP lainnya. Cukup Anda tambahkan saja script .htaccess dibawah ini.

php_flag display_startup_errors on
php_flag display_errors on
php_flag html_errors on
php_flag log_errors on
php_value error_log /home/path/public_html/PHP_errors.log

Untuk direktori php_value error_log bisa Anda sesuaikan dengan path pada hosting dan website.

5. Menampilkan Pesan Error Codeigniter di Cpanel

Jika Anda menggunakan cpanel, maka bisa mencoba menampilkan error melalui menu “SELECT PHP VERSION” pada cpanel. Anda hanya perlu centang pada bagian “display error” dan “log error” saja.

Tips Menampilkan Error di Codeigniter php

Demikianlah Tips Menampilkan Error di Codeigniter. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk shared artikel ini kepada teman, kerabat, saudara atau lainnya. Agar mimin novri.web.id lebih semangat dalam membuat panduan-panduan lain. images by freepick.

Tags

Novri K

Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close