Hosting

Cara Memindahkan Website Antar Cpanel Hosting

Cara Memindahkan Website Antar Cpanel Hosting – Memindahkan website antar hosting cpanel bukanlah hal yang sulit. Secara umum, Anda hanya perlu membackup file website dan database kemudian memindahkannya ke layanan hosting cpanel yang baru.

Namun hal tersebut bukanlah hal yang mudah, terutama bagi Anda yang baru saja mengenal hosting. Sebenarnya dalam proses transfer hosting antar cpanel ini dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama memindahkan website dengan SSH, FTP, manual dan lainnya.

Baca Juga : Migrasi WordPress dengan Softaculous

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara memindahkan website antar cpanel secara manual. Cara ini cukup mudah dilakukan karena hanya perlu backup dan pindahkan ke server baru saja.

Cara Memindahkan Website Antar Cpanel Hosting

Sebelum Anda memulai proses pemindahan, pastikan server hosting cpanel yang baru sudah siap. Diantaranya domain sudah terhubung dengan server hosting. Bila domain sudah mengarah ke hosting maka proses pengecekan website di server baru tentunya akan lebih mudah.

1. Backup File Website

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan backup file website di cpanel. Backup bisa Anda lakukan secara manual, yaitu compress file website menjadi .zip, tar.gz atau lainnya dan download. Silakan ikuti panduan berikut bila masih belum paham cara melakukan backup file website dengan cara manual >> Panduan Backup Manual File Website.

2. Backup Database

Proses selanjutnya adalah melakukan backup pada database. Backup database sama dengan export file database, Anda bisa melakukannya melalui phpMyadmin ataupun dari menu backup database di cpanel.

Silakan Anda mengikuti panduan berikut untuk melakukan backup database .sql melalui phpMyadmin >> Panduan Backup Database.

Jika ukuran database Anda besar maka perlu backup menggunakan SSH ataupun download melalui menu backup di cpanel.

Silakan Anda simpan download file .zip dan .sql sebelumnya. Kedua file tersebut akan kita pindahkan ke hosting yang baru.

3. Upload File Website ke Cpanel Baru

Upload file website ke cpanel baru juga dilakukan melalui file manager saja agar mudah. Sesuaikan folder website dan lakukan upload. Silakan Anda ikuti panduan berikut ini >> Cara Upload File Website ke Cpanel.

Setelah file website .zip sebelumnya berhasil di upload, Silakan Anda lakukan extract langsung saja (Klik kanan file >> extract).

4. Upload Database ke Cpanel Baru

Upload database atau biasanya disebut dengan import database dapat Anda lakukan melalui phpMyadmin ataupun SSH. Bila ukuran database tidak terlalu besar, maka import saja langsung melalui phpMyadmin.

Sebelum proses import dilakukan, pastikan Anda sudah membuat akun database di cpanel yang baru. Setelah selesai dibuat, silakan Anda akses phpMyadmin >> pilih nama database tersebut >> klik “import” >> pilih “nama database sebelumnya”.

Untuk lebih detailnya cara import database dari phpMyadmin silakan cek pada panduan berikut >> Panduan Import Database phpMyadmin.

Jika ukuran database besar, silakan upload melalui SSH >> Panduan Upload Database lewat SSH.

Setelah file website dan database Anda upload ke cpanel hosting yang baru, silakan Anda sesuaikan konfigurasi koneksi database dengan database yang baru. Bila website Anda menggunakan konfigurasi url pada script maka silakan sesuaikan dengan nama domain yang baru.

Demikianlah artikel Cara Memindahkan Website Antar Cpanel Hosting, semoga artikel ini dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada sanak saudara, agar website novri.web.id semakin ramai. Terima kasih !

Tags

Novri K

Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close