Codeigniter

Apa itu Codeigniter ? Cara Menggunakan dan Kelebihannya

Dengan berkembangannya teknologi website, membuat pembuatan website semakin mudah. Salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat website adalah Framework Codeigniter. Dengan adanya framework, maka pekerjaan pembuatan website akan semakin cepat. Selain itu juga akan memudahkan tim melakukan development.

Apa Itu Codeigniter ?

CodeIgniter merupakan aplikasi sumber terbuka yang berupa kerangka kerja PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun situs web dinamis dengan menggunakan PHP. Dengan adanya framework codeigniter, pengembangan website dapat dilakukan lebih cepat. Selain codeigniter, ada juga framework PHP lain seperti laravel, symfony, CakePHP, Yii, Phalcon dan lainnya.

Apakah itu website MVC ?

MVC merupakan singkatan dari model, view, controller. Konsep ini diyakini bisa efektif dalam proses pembuatan website. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai mvc :

Model merupakan bagian yang menangani pengolahan atau manipulasi database. Model biasanya menangani pengambilan, input, pengolahan database dan lainnya. Jadi intinya model akan berhubungan  dengan intruksi-intruksi pengelolahan database.

View merupakan bagian yang berhubungan dengan user interface (UI). Tampilan user interface (UI) ini akan dikumpulkan pada view, Sedangkan untuk pengolahan data dipisahkan dengan controller dan model. Jadi secara umumnya, view adalah bagian yang akan menyajikan tampilan informasi kepada pengguna.

Controller merupakan bagian yang menghubungkan antara model dengan view. Misal saja ada pengguna yang melakukan input data, maka dari view akan di proses dahulu dengan controller. Selanjutnya controller akan mengirimkannya kembali ke model.

Baca Juga : Rekomendasi Hosting Terbaik

Pembuatan website dengan konsep MVC akan lebih mudah dalam proses pengembangan ataupun menemukan bug, karena semua proses sudah terstruktur dengan rapi. Berbeda bila Anda menggunakan native PHP yang semua desain proses view, model dan controller dijadikan satu.

Keuntungan Menggunakan Codeigniter

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan codeigniter dalam development website.

1. Lebih Mudah Dipelajari

Codeigniter merupakan salah satu framework yang mudah dipelajari. Hal tersebut karena penulisan script pada framework codeigniter lebih sederhana.

2. Konfigurasi Lebih Simpel

Konfigurasi framework codeigniter dapat dibilang cukup sederhana. Karena hanya memerlukan perubahan pada beberapa code saja juga dapat menggunakan library bawaan.

3. Struktur Program Rapi

Jika menggunakan framework codeigniter, maka struktur pemrograman akan lebih rapi serta baik. Karena framework codeigniter sudah menggunakan MVC.

4. Mudah di Integrasikan

CodeIgniter mudah diintegrasikan dengan framework atau library lain. Bahkan, Anda tak perlu melakukan konfigurasi rumit untuk melakukannya. Hal ini dimungkinkan berkat adanya folder untuk menyimpan library.

5. Keamanan Baik

Codeigniter memiliki fitur enkripsi yang baik untuk melindungi data-data penting. Meskipun demikian, Anda tetap harus menambahkan keamanan lain agar lebih baik lagi.

Dan tentunya masih banyak lagi keuntungan ataupun keunggulan lain saat menggunakan framework codeigniter.

Kelebihan Codeigniter

Adapun kelebihan codeigniter adalah sebagai berikut :

  1. Dokumentasi lengkap. Dengan dokumentasi yang lengkap, Anda akan mudah dalam menggunakan codeigniter.
  2. Kompatibilitas dengan Hosting. Codeigniter mampu bekerja dengan baik hampir disemua platform hosting. Selain itu juga mendukung database paling umum seperti MYSQL.
  3. Struktur coding yang rapi. Dengan penerapan MVC akan memudahkan Anda dapat melakukan project website secara tim ataupun individu.
  4. Kinerja Baik. Dapat dikatakan bahwa kinerja framework codeigniter ini sangat cepat.
  5. Tersedia library. Codeigniter menyediakan library bawaan ataupun library pihak ketiga yang mudah untuk digunakan. Selain itu juga terdapat helper, sehingga akan memudahkan para developer.
  6. Keamanan baik. Keamanan lebih baik karena terdapat enkripsi yang baik.

Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan dari codeigniter, khususnya untuk codeigniter 4 ini sudah banyak sekali perubahan pada struktur script dan kelebihan yang dibawanya.

Cara Menggunakan Codeigniter

Cara untuk memulai codeigniter bukanlah hal yang sulit. Anda bisa langsung mengunduh file source codeigniter dihalaman resmi codeigniter berikut download codeigniter.

Baca Juga : Cara Upload Codeigniter 4 ke Hosting

Perlu diketahui juga, bahwa saat ini codeigniter sudah mencapai versi ke 4. Terdapat sedikit perbedaan struktur folder dengan codeigniter 3.

Cara termudah instalasi codeigniter adalah dengan download source script di website resmi codeigniter dan extract pada alamat folder website, atau jika menggunakan xampp localhost maka perlu di extract di folder .htdocs. Terkait dengan penggunaan codeigniter pada localhost akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Selain itu Anda juga bisa instalasi melalui terminal dan download menggunakan composser atau lewat github. 

Setelah di extract, Anda bisa melakukan pengecekan akses codeigniter melalui namadomain.com/public atau localhost/public jika develop project di localhost.

Jika berhasil maka akan menampilkan tampilan welcome seperti dibawah ini. Anda sudah bisa langsung membangun project website.

apakah codeigniter

Demikianlah Apa itu Codeigniter ?. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk shared artikel ini kepada teman, kerabat, saudara atau lainnya. Agar mimin novri.web.id lebih semangat dalam membuat panduan-panduan lain. images by freepick.

Tags

Novri K

Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close