Linux

Cara Install Composer di Ubuntu dengan Mudah

Install composer di ubuntu – Composer adalah sebuah software atau tools untuk PHP, ini berfungsi untuk memudahkan dalam manajement package PHP, instalasi dan pembaharuan untuk dependensi proyek. Composer biasanya digunakan pada framework seperti laravel, codeigniter, symfony dan lainnya. Saat tutorial ini dibuat, composer sudah berada pada versi 2.1.9.

Instalasi composer pada linux akan berbeda dengan di windows. Jika di windows, hanya perlu klik saja karena sudah terdapat GUI. Anda bisa mendownload file composer.exe melalui link berikut windows composer. Sedangkan jika di linux, instalasi composer perlu dilakukan melalui terminal.

Agar composer dapat bekerja dengan baik, pastikan server Anda memiliki spesifikasi minimal.

  • Ubuntu 14.04 atau diatasnya
  • PHP 5.3 atau diatasnya

Sedangkan untuk panduan install composer di ubuntu kali ini saya menggunakan spesifikasi berikut :

  • Ubuntu 20.04
  • PHP 8.0

Jadi sekali lagi pastikan server atau sistem Anda sudah memenuhi spesifikasi minimal diatas. Tidak harus sama dengan spesifikasi yang digunakan pada panduan ini. Sebelum melanjutkan lebih jauh, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai composer ini.

Keuntungan Menggunakan Composer

Ada banyak sekali keuntungan ataupun manfaat yang akan didapatkan ketika menggunakan composer (dependency manager). Berikut ini beberapa diantaranya :

  1. Package yang diperlukan oleh software yang sedang develop akan otomatis ditangani oleh composer. Sehingga Anda bisa lebih fokus pada proses pemrograman dari pada manajemen dependency.
  2. Program akan lebih terstruktur sekaligus menerapkan consep MVC
  3. Composer sudah menyediakan autoload.php, sehingga tidak perlu melakukan include atau class php yang dibutuhkan dalam program. Jadi semua yang akan dibutuhkan pada program otomatis sudah dimuat oleh autoload.php.
  4. Dapat dengan mudah menggunakan ribuan package yang ada di package listkarena dependency manager sudah terhubung.
  5. Ketika ada update packagemaka composer akan melakukannya secara otomatis.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari composer, maka selanjutnya kita akan mulai install composer di ubuntu.

Cara Install Composer di Ubuntu

Sebelum melanjutkan, pastikan lagi bahwa spesifikasi server Anda sudah diatas spesifikasi minimal. Jika sudah, maka silakan untuk lanjut mengikuti panduan berikut :

1. Update Repositori dan Install Dependensi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan update repositori serta melakukan instalasi dependensi. Dependensi yang harus tersedia seperti git, curl, php-cli dan unzip. Silakan Anda jalankan perintah dibawah ini pada command-line :

sudo apt update

Cara Install Composer di Ubuntu 1

Kemudian jalankan lagi untuk instalasi dependensi yang dibutuhkan sebelumnya.

sudo apt install php-cli unzip

Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi instalasi dengan mengetik Y dan kemudian ENTER.

Cara Install Composer di Ubuntu 2

2. Install Composer

Setelah memastikan bahwa dependensi sudah terinstall dengan baik, maka proses selanjutnya adalah instalasi composer. Composer dapat Anda install mengguanakn script PHP. Namun Adan juga dapat mengunduh dan instalasi menggunakna curl.

Pastikan Anda saat ini sudah berada dalam folder direktori website/home. Gunakan perintah cd jika ingin berpindah antar direktori.

Silakan Anda jalankan perintah dibawah untuk mulai mengunduh penginstalan composer.

cd ~
curl -sS https://getcomposer.org/installer -o composer-setup.php

Cara Install Composer di Ubuntu 3

Selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi bahwa instalasi cocok dengan hash SHA-384 yang dapat dicek pada halaman public key composer.  Untuk memudahkan langkah verifikasi, Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk mendapatkan hash terbaru secara terprogram dari halaman Composer dan menyimpannya dalam variabel shell.

HASH=`curl -sS https://composer.github.io/installer.sig`

Jika ingin melakukan verifikasi SHA yang diperoleh, jalankan perintah berikut pada terminal :

echo $HASH

Sekarang jalankan perintah php dibawah untuk memastikan script terverifikasi dan aman untuk di install

php -r "if (hash_file('SHA384', 'composer-setup.php') === '$HASH') { echo 'Installer verified'; } else { echo 'Installer corrupt'; unlink('composer-setup.php'); } echo PHP_EOL;"

Cara Install Composer di Ubuntu 4

Jika yang muncul pada layar adalah “Installer corrupt“, maka Anda harus download ulang script instalasinya dan memiksa ulang apakah penggunaan hash sudah benar. Maka bisa download ulang dan lakukan proses verifikasi lagi.

Jika composer digunakan secara global, maka Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk mengunduh dan menginstal composer. Composer akan berada dibawah direktori /usr/local/bin

sudo php composer-setup.php --install-dir=/usr/local/bin --filename=composer

Pada panduan kali ini saya akan menggunakan composer secara global, sehingga menjalankan perintah diatas. Jika Anda ingin menginstall composer untuk sebuah project saja dalam server, maka bisa lanjutkan dengan saran dibawah.

Cara Install Composer di Ubuntu 5

Namun jika ingin melakukan instalasi composer untuk setiap project yang ada di host server. Maka Anda dapat melakukan instalasi secara lokal dan per project. Metode ini juga sangat berguna bila sistem Anda tidak mengizinkan penginstalan untuk seluruh sistem.

Gunakan perintah php composer-setup.php, akan menghasilkan file composer.phar di direktori saat Anda menjalankan perintah sebelumnya. Selanjutnya Anda bisa menjalankan perintah php composer.phar.

Untuk mengujinya apakah composer sudah berhasil di install, silakan jalankan perintah dibawah untuk

composer

Cara Install Composer di Ubuntu 6

Jika Anda menggunakan root untuk menjalankan composer maka akan muncul notifikasi seperti pada layar sccreenshot diatas. Anda perlu ketika “yes” untuk melanjutkan.

Seperti informasi dari composer, bahwa menjalankan composer melalui root sangat tidak disarankan. Alasan utamanya tentu karena keamanan. Karena bila menggunakan root dapat dengan mudah dependensi mengakses ke server Anda. Bila dependensi tersebut tidak aman, maka akan berakibat merusak server.

Update Composer di Ubuntu

Untuk melakukan update composer sangatlah mudah. Anda perlu menjalankan perintah update melalui terminal prompt.

Silakan langsung saja Anda jalankan perintah update composer dibawah ini.

composer self-update

Cara Install Composer di Ubuntu 7

Karena saat ini composer saya telah berada pada versi yang terbaru, sehingga pada layar akan menampilkan pesan bahwa saat ini composer sudah menggunkan versi stable.

Menampilkan Versi Composer di Ubuntu

Apabila Anda ingin mengetahui versi composer yang sudah terinstall pada server. Silakan menjalankan perintah dibawah ini di prompt.

composer -v

atau

composer -V

Melihat versi Composer di Ubuntu

Dari layar diatas terlihat, bahwa versi composer yang digunakan pada panduan saat ini adalah versi 2.1.9. Ketika Anda mengikuti panduan ini mungkin akan berubah, karena akan mengikuti versi terupdate dari composer.

Silakan Anda menggunakan composer untuk memulai membangun project berbasis PHP.

Demikianlah Cara Install Composer di Ubuntu dengan Mudah, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman sobat. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai.

Tags

Novri K

Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close