Hosting

Command SSH Penting untuk Hosting

Command SSH Penting untuk Hosting – SSH atau secure shell merupakan protokol yang digunakan sistem untuk berkomunikasi jarak jauh. SSH dapat berkerja di terminal atau menggunakan aplikasi putty, dan lain sebagainya. Banyak sekali keuntungan bila menggunakan SSH untuk melakukan pemrosesan data didalam server, salah satunya adalah keamanan yang lebih baik.

Baca Juga : Cara Akses SSH di CMD Windows

Namun untuk menggunakan SSH, Anda perlu mengetahui command atau syntax penting yang digunakan untuk menjalankan sebuah perintah. Misal saja Anda ingin masuk kesebuah direktori linux melalui SSH, maka dapat menggunakan command cd.

Command SSH Penting untuk Hosting

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai command linux yang biasa dijalankan pada shared hosting. Karena saya menggunakan shared hosting cpanel, sehingga akses SSH sangat terbatas. Banyak sekali command yang tidak dapat dijalankan di terminal cpanel.

Jadi bila ingin melakukan pengecekan penggunaan resource yang mendetail, lebih baik langsung melalui cpanel bukan melalui SSH.

1. Command Penggunaan Disk

Command ini mungkin akan sangat berguna bagi Anda yang ingin mengetahui penggunaan disk yang lebih detail tiap foldernya. Selain itu Anda juga melakukan pengecekan penggunaan disk space melalui menu disk usage.

Pertama pastikan Anda sudah login SSH terlebih dahulu.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan command dibawah ini untuk melakukan pengecekan penggunaan disk space. Ketiga command dibawah dapat digunakan untuk mengetahui penggunaan disk pada shaed hosting.

 du -sh ./* | sort -h
du -ah --max-depth=1
du -sch * | sort -h

2. Command Penggunaan Inodes

Inodes adalah sebuah struktur data yang digunakan untuk menyimpan semua informasi file pada hosting. Biasanya layanan hosting akan membatasi penggunaan inodes. Dengan adanya inodes akan membuat penggunaan resource hosting dengan pengguna lain lebih stabil. Setiap folder, file, dan lainnya akan dihitung satu persatu. Misal saja Anda memiliki 12 folder (tanpa file didalamnya) maka artinya inodes Anda sudah terhitung 12.

Jika Anda menggunakan cpanel, maka penggunaan inodes dapat Anda cek melalui menu “inode counter“. Namun mungkin perhitungan inode tidak tampil ketika penggunaan disk atau inode Anda sudah penuh. Sehingga perlu melakukan pengecekan melalui SSH.

Silakan Anda jalankan salah satu perintah SSH dibawah ini melalui terminal ataupun aplikasi SSH lainnya.

find . -printf "%h\n" | cut -d/ -f-2 | sort | uniq -c | sort -rn

Jika menggunakan perintah tersebut, ketika disk atau inodes penuh kemungkinan akan muncul error “sort: cannot create temporary file in ‘/tmp’: Disk quota exceeded“. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan command berikut.

echo "Inode usage for: $(pwd)" ; for d in `find -maxdepth 1 -type d |cut -d\/ -f2 |grep -xv . |sort`; do c=$(find $d |wc -l) ; printf "$c\t\t- $d\n" ; done ; printf "Total: \t\t$(find $(pwd) | wc -l)\n"

3. Command Penggunaan RAM

Khususnya pengguna cpanel, proses pengecekan penggunaan RAM melalui terminal tidak akan terlalu akurat untuk akun cpanel Anda saja. Ketika menggunakan command dibawah, maka informasi RAM yang muncul adalah seluruh server. Jadi saya sarankan cek penggunaan RAM melalui cpanel saja.

free -h

4. Command Umum

Perintah-perintah dibawah ini adalah perintah dasar yang dapat Anda jalankan pada terminal cpanel hosting.

ls ⇒ Menampilkan isi direktori.
cd ⇒ Mengubah Direktori.
mkdir ⇒ Membuat folder baru.
touch ⇒ Membuat berkas baru.
rm ⇒ Hapus file.
cat ⇒ Menampilkan isi file.
pwd ⇒ Menampilkan lokasi direktori saat ini berada.
cp ⇒ Salin file/folder.
mv ⇒ Memindahkan file/folder.
grep ⇒ Mencari frasa tertentu dalam file/baris.
find ⇒ Mencari file dan direktori.
vi/nano ⇒ Editor teks.
history ⇒ Menampilkan 50 perintah terakhir yang digunakan.
clear ⇒ Mengkosongkan layar terminal.

Tentunya masih banyak lagi perintah-perintah SSH yang dapat berjalan pada terminal cpanel hosting.

Demikianlah Command SSH Penting untuk Hosting. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk shared artikel ini kepada teman, kerabat, saudara atau lainnya. Agar mimin novri.web.id lebih semangat dalam membuat panduan-panduan lain

Tags

Novri K

Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close