Novri K Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Memahami Fitur-Fitur Tambahan Elementor dari Plugin

2 min read

Memahami Fitur-Fitur Tambahan Elementor dari Plugin

Fitur-Fitur Tambahan Elementor – Memiliki website dengan desain responsive dan user-friendly bukanlah hal yang sulit. Bagi pengguna WordPress, memanfaatkan page Builder merupakan hal yang paling umum digunakan.

Salah satu page builder yang cukup umum digunakan adalah elementor. Dengan elementor, Anda dapat membuat halaman web dengan lebih leluasa dan tanpa perlu mengetahui coding. Hanya perlu drag & drop saja untuk menambahkan elemen kedalam halaman.

Ada beberapa hal yang biasa dibuat menggunakan Elementor, yaitu :

  • Landing Page merupakan halaman yang dikhususkan untuk aktivitas marketing seperti mengisi formulir, subscribe ataupun transaksi.
  • Opt-in Forms merupakan halaman formulis yang disediakan untuk pengunjung. Seperti form untuk mendapatkan akses konten premium atau berlangganan.
  • Widget merupakan elemen yang berfungsi untuk menambah fitur pada halaman. Misal saja login form, rekomendasi konten, maps dan lainnya.
  • Pop-up merupakan fitur untuk promosi atau iklan di website. Pop-up biasanya akan muncul ketika Anda membuka sebuah website.
  • Custom header footer merupakan elemen yang berisi mengenai identitas atau informasi seputar website. Anda bisa melakukan perubahan desain header footer sesuai kebutuhan dengan elementor.
  • Custom post types merupakan fitur yang berfungsi untuk membuat halaman konten secara custom.

Dan masih banyak hal yang dapat dilakukan oleh elementor. Jadi Anda akan sangat terbantu dengan adanya elementor untuk membangun sebuah website.

Seperti yang kita ketahui, elementor memiliki versi gratis dan berbayar. Apabila menggunakan versi gratis, tentu saja banyak fitur-fitur atau element yang tidak tersedia. Meskipun demikian, elementor versi gratis tetap menawarkan banyak sekali element yang dapat digunakan.

Fitur-Fitur Tambahan Elementor dari Plugin

Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas fitur-fitur tambahan elementor yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan bantuan plugin addons. Contohnya saja fitur woocommerce yang tidak tersedia bila menggunakan elementor gratis, sehingga perlu ada tambahan plugin addons elementor lainnya. Banyak sekali plugin yang dapat digunakan untuk menambahkan element-element elementor.

Pada artikel ini, saya akan menggunakan plugin Essential Addons dan menjelaskan fitur-fitur yang dibawah oleh plugin tersebut. Sebagai informasi tambahan, plugin ini juga terdapat versi gratis ataupun berbayar. Namun kita akan menggunakan Essential Addons versi gratis.

1. Install Plugin Essential Addons

Silakan Anda langsung melakukan instalasi plugin melalui dashboard wordpress.

Klik menu “Plugins” yang ada di kiri Dashboard, kemudian klik tombol “Add New“. Cari dan install plugin “Essential Addons for Elementor“, selanjutnya aktifkan pluginnya.

Memahami Fitur-Fitur Tambahan Elementor dari Plugin

2. Konfigurasi Plugin Essential Addons

Setelah proses aktivasi plugins, maka akan langsung diarahkan ke pengaturan essential addons.

Anda bisa memilih “Basic (Recommended)” agar lebih mudah dalam proses konfigurasi. Selain itu, Anda bisa memilih advaced dan custom sesuai dengan kebutuhan.

Memahami Fitur-Fitur Tambahan Elementor dari Plugin

Aktifkan semua element atau sesuaikan dengan yang Anda butuhkan saja. Dan klik “Next” untuk melanjutkan pengaturan selanjutnya.

Memahami Fitur-Fitur Tambahan Elementor dari Plugin

Pada bagian Advanced Pro silakan langsung Anda lewatkan dengan klik “Next“.

Selanjutnya Anda bisa melakukan instalasi “Templately” apabila membutuhkan template elementor siap pakai. Bila tidak membutuhkan maka bisa langsung klik “Next“.

Memahami Fitur-Fitur Tambahan Elementor dari Plugin

Integration bisa juga Anda lewatkan saja dan klik “Next“. Selamat Anda telah berhasil melakukan konfigurasi plugin Essential Addons.

Memahami Fitur-Fitur Tambahan Elementor dari Plugin

Apabila Anda ingin melakukan konfigurasi ulang, maka bisa dengan klik menu “Essential Addons” yang ada di sidebar.

3. Mengenal Elements-Elements Plugin Essential Addons

Anda bisa melakukan pengecekan elements dari Essential Addons pada bagian widget saat menggunakan plugin elementor untuk editing halaman.

Saya akan menjelaskan beberapa elements saja, untuk lebih detailnya bisa dilakukan pengecekan melalui link berikut ini docs EA.

  • Advanced Accordions : fitur ini dapat berfungsi sebagai pembuatan FAQ (frequently asked questions) didalam page.
  • Advanced Tabs : fitur ini berfungsi untuk membuat tabs. Dengan adanya tabs ini, Anda dapat mengkategorikan sebuah fitur atau keunggulan dan lainnnya.
  • Advanced Tabel : fitur ini dapat digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk tabel yang responsive.
  • Call to Actions : memudahan dalam membuat section call to action dalam halaman
  • CountDown : Membuat countdown waktu, biasanya dapat digunakan untuk informasi limit waktu diskon.

Dan masih banyak lagi elements-elements yang tersedia, Anda bisa mengexplore lebih jauh lagi.

Demikianlah Memahami Fitur-Fitur Tambahan Elementor dari Plugin, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman sobat. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai. image by essential addon

Novri K Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.