Novri K Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Plugin Untuk Website Company Profile di WordPress

2 min read

Plugin Untuk Website Company Profile di WordPress

Plugin Untuk Website Company Profile – Website Company Profile atau Perusahaan adalah website yang dibuat dengan tujuan untuk menyajikan informasi profile tentang perusahaan, bisnis ataupun usaha. Dengan adanya website, pengunjung atau calon pelanggan akan dengan mudah menemukan informasi mengenai perusahaan.

Secara umum, biasanya website company profile terdiri dari 5-6 halaman, seperti halaman Beranda, Tentang Kami, Portofolio, layanan, dan kontak. Namun itu semua kembali kepada kebutuhan dari website perusahaan yanga akan dibuat. Website company profile ini ibaratnya sebuah brosur atau paflet iklan milik perusahaan, namun lebih bersifat informatif dan akan selalu mudah untuk diupdate.

Pada panduan kali ini, kita hanya akan membahas plugin yang berguna untuk membangun sebuah website company profile atau perusahaan. Beberapa rekomendasi plugin ini hanya dapat bekerja pada CMS WordPress saja.

Plugin Untuk Website Company Profile di WordPress

Pada panduan kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi plugin yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Plugin WordPress Page Builder

Plugin page builder berfungsi untuk mendesain sebuah halaman website. Website perusahaan secara umum akan membutuhkan halaman home, tentang kami, service, kontak dan lain sebagainya.

A. Elementor

Elementor adalah plugin page builder yang diciptakan khusus untuk WordPress. Dengan adanya elementor, pembuatan halaman website akan lebih mudah karena hanya perlu drag & drop saja. Elementor dapat menjadi pilihan pertama, karena plugin ini sangat mudah digunakan dan terdapat versi free dengan fitur yang cukup lengkap.

Plugin ini juga dilengkapi dengan template siap pakai. Anda dapat mengimpor template, menyesuaikan kontennya dengan cepat, dan menerbitkan halaman. Elementor yang sepenuhnya responsif sehingga situs web akan terlihat bagus di semua jenis perangkat.

B. Beaver Builder

Beaver Builder adalah salah satu plugin pembuat halaman WordPress paling ramah pengguna yang tersedia di pasaran. Plugin builder yang satu ini cukup ringan dan memiliki fitur yang cukup bila hanya untuk membangun website perusahaan. Namun jika dibandingkan dengan elementor tentunya fitur di versi gratis sangat terbatas.

Sama dengan builder lainnya, Anda dapat dengan mudah drag dan drop modul konten, mengedit, dan membuat halaman dalam beberapa menit, tersedia pula template yang siap pakai. Anda hanya perlu mengganti konten sampel dengan konten dan gambar Anda sendiri.

C. Visual Composer Website Builder

Selanjutnya ada Visual Composer Builder, ini juga merupakan plugin web builder yang penggunaannya hanya tinggal drag & drop. Element-element yang ditawarkan sangat banyak apabila menggunakan versi premium.

Sama seperti Elementor & Beaver Builder, plugin Visual Composer menampilkan live editoryang memungkinkan Anda melihat setiap perubahan yang Anda buat di halaman secara instan. Anda dapat langsung mengklik area mana pun di halaman Anda untuk mengedit dan menyesuaikan konten.

Plugin ini dilengkapi dengan sekumpulan template profesional. Selain itu ada opsi desain untuk menyesuaikan tampilan elemen apa pun. Anda memiliki kontrol penuh atas spasi, batas, latar belakang, efek paralaks, dan banyak lagi.

2. Plugin Contact Form WordPress

Selain plugin page builder, contact form juga sangat dibutuhkan untuk website company profile. Karena dengan adanya contact form, pelanggan akan mudah untuk menghubungi pemilik website/bisnis.

A. WPForms

WPForms merupakan salah satu plugin contact form yang terdapat versi gratis dan berbayar. Apabila hanya digunakan untuk halaman kontak, versi gratis sudah mencukupi. WPForms menampilkan pembuat formulir drag dan drop super sederhana yang memudahkan untuk membuat formulir online dalam beberapa klik, tanpa menyentuh kode apa pun.

WPForm menyediakan banyak template form siap pakai. Anda dapat menyesuaikan template form sesuai dengan kebutuhan.

B. Ninja Form

Ninja Forms adalah plugin formulir kontak freemium untuk WordPress. Ini dapat digunakan untuk membuat formulir yang sangat interaktif dengan sedikit usaha. Anda bisa mendapatkan versi gratis plugin dari repositori WordPress. Versi gratisnya memiliki bidang dasar yang dapat Anda gunakan untuk membuat formulir dalam jumlah tak terbatas.

Baca Juga : Cara Membuat Form Konfirmasi Pembayaran

C. Contact Form 7

Kontak Form 7 biasanya menjadi plugin kontak bawaan ketika melakukan instalasi WordPress. Plugin ini sepenuhnya gratis. Dan dapat dikatakan plugin contact form 7 ini cukup populer. Meskipun populer, ini cukup rumit untuk digunakan karena tidak memiliki visual drag and drop builder seperti plugin form lain. Anda dapat menggunakannya untuk membangun formulir dasar menggunakan sintaks kode HTML.

Jadi secara umum, Anda hanya membutuhkan plugin builder dan contact form saja untuk membuat sebuag website perusahaan.

Demikianlah plugin untuk website company profile di WordPress, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman sobat. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai. image by freepick

Novri K Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.