Novri K Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

7 Rekomendasi Tools Analytic Website

2 min read

7 Rekomendasi Tools Analytic Website

Rekomendasi Tools Analytic Website – Memiliki sebuah website tentu perlu dilakukan monitoring agar dapat selalu meningkatkan performa website. Salah satu hal yang harus dimonitoring adalah traffic yang mengunjung website. Meskipun memiliki desain website yang sangat bagus, namun tidak terdapat pengunjung ke website tentu akan menjadi sia-sia.

Banyak sekali manfaat yang akan didapat ketika mengetahui traffic website. Salah satunya adalah untuk mengukur seberapa berhasil optimasi website pada mesin pencari. Dari traffic website ini juga bisa menjadi sebuah konversi bisnis, branding, dan lain sebagainya.

Untuk memonitoring traffic atau performa website, Anda perlu menggunakan tools pihak ketiga. Dengan tools ini, Anda akan dengan mudah memantau performa traffic website secara realtime.

Rekomendasi Tools Analytic Website

Beberapa rekomendasi analytic website ini ada yang gratis ataupun berbayar.

1. Google Analytics

Tools analytic website yang pertama adalah google analytic. Tools buatan google ini memiliki banyak fungsi, yang trerutama adalah melihat jumlah traffic website dengan data yang lengkap. Berikut ini beberapa keunggulan utama dari google analytics :

  • Realtime, data pengunjung yang masuk dapat dilihat secara realtime.
  • Audience, melihat pengunjung berdasarkan behavior, interested, lokasi, browser, device dan lainnya.
  • Acquisition, melihat traffic website berdasarkan New Users dari browser, google ads, search console, social dan campaign.
  • Behavior, melihat website dari segi konten, pencarian, event, kecepatan dan publisher.
  • Conversion, Melihat goal website, channel funnels dan lainnya.

Meskipun platform gratis, google analytic memiliki banyak sekali kemampuan untuk memudahkan dalam mengelola dan mengetahui performa website.

rekomendasi tools analytic Website WordPress

2. Similar Web

Similar web merupakan sebuah website yang menyediakan fasilitas untuk melihat performa website. SimilarWeb memiliki berbagai keunggulan seperti melihat traffic, kompetitor dan lain sebagainya.

Tools ini memiliki versi gratis dan berbayar, Namun sayangnya untuk versi gratis memiliki fitur yang sangat terbatas. Anda dapat langsung mengunjungi similarweb.com untuk dapat mencoba tools ini.

rekomendasi tools analytic Website WordPress

3. Ubersuggest

Ubersuggest merupakan tools SEO yang didirikan oleh Neil Patel. Secara umum, tools ini sebenarnya memiliki fungsi sebagai analisis SEO seperti riset keyword, check rank, check kompetitor dan lain sebagainya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ubersuggest dapat digunakan untuk mengecek traffic website yang Anda miliki.

Dibandingkan dengan similarweb, ubbesuggest memiliki harga yang relatif terjangkau. Terdapat juga versi gratis bila ingin mencoba menggunakan tools ini. Anda dapat langsung mengunjungi alamat website berikut neilpatel.com/ubersuggest.

rekomendasi tools analytic Website WordPress

4. Ahrefs

Hingga saat ini, Ahref masih menjadi tools favorit untuk para pemain SEO. Hal ini dikarenakan Ahrefs memilki fitur yang lengkap untuk melakukan analisis SEO, diantaranya domain check, keyword explorer, site audit, rank tracker, content explorer, domain analysis dan masih banyak lagi.

Meskipun digunakan untuk SEO, ahrefs juga memiliki fitur untuk melakuakn pengecekan traffic website. Ahrefs hanya tersedia versi berbayar dan trial.

rekomendasi tools analytic Website WordPress

5. SEMRush

Selain Ahrefs, SEMRush juga menjadi salah satu tools SEO yang paling banyak digunakan oleh para webmaster. Fitur yang ditawarkan oleh SEMRush juga sangat lengkap, diantaranya domain analytics, keyword analytics, project website, marketing insights, GAP analysis, Topic research dan sebagainnya.

Jika ingin mencoba SEMRush, Anda bisa langsung mengunjungi alamar website semrush.com. Pada halaman tersebut akan terdapat form yang digunakan untuk memasukan nama domain untuk di analisis.

rekomendasi tools analytic Website WordPress

6. Histats

Histats hanya bisa digunakan untuk memonitoring traffic yang datang ke website saja. Sedangkan untuk melakukan analisis perfoma atau SEO tidak dapat dilakukan, karena memang untuk saat ini histats tidak memiliki fitur tersebut. Pemasangan histats sama seperti dengan google analytics sebelumnya, yaitu dengan menggunakan kode script yang dipasang di website.

Jadi jika hanya ingin memonitoring traffic, maka hanya dengan menggunakan histats saja sudah mencukupi. Untuk menggunakan histats bisa langsung mengunjung alamat histats.com.

7. AwStats

Terakhir adalah Awstats, tools ini sama seperti histats sebelumnya, tidak memiliki fitur untuk analisis SEO ataupun performa lainnya. Awstats hanya berfungsi untuk mengetahui jumlah traffic pengunjung yang datang ke website.

Apabila Anda menggunakan layanana hosting, biasanya tools ini sudah terpadang fitur awstats. Sehingga Anda bisa lengsung melakukan pengecekan jumlah traffic yang landing ke dalam website.

Jika Anda ingin tools analytics traffic website secara gratis, maka rekomendasi yang kami berikan adalah menggunakan google analytics. Karena memang tools dari google ini cukup lengkap, meskipun tanpa adanya tools SEO.

Demikianlah 7 Rekomendasi Tools Analytic Website, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman sobat. Agar website novri.web.id dapat lebih maju dan semakin ramai. image by freepick

Novri K Halo, saya novri. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark novri.web.id agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.